Makanan Kaki Lima Jepang & Korea

5 Fakta Pojangmacha, Warung Tenda Tempat Nongkrong Orang Korea

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 17:00 WIB
Fakta pojangmacha, warung tenda tempat nongkrong orang korea yang sajikan sohu hingga tteokbokki Foto: alchetron
Jakarta -

Tak hanya Indonesia yang memiliki warung tenda, Korea Selatan juga memilikinya. Namanya pojangmacha yang biasanya digunakan untuk nongkrong. Intip faktanya!

Bagi penggemar drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan penampakan pojangmacha. Pojangmacha adalah sebutan untuk warung tenda di Korea Selatan.

Warung tenda ini banyak tersebar di berbagai daerah di Korea. Biasanya digunakan untuk nongkrong selepas pulang bekerja oleh warga Korea.

Pojangmacha ini sering muncul di beberapa drama Korea. Biasanya menampilkan makanan khas kaki lima yang sederhana.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 fakta pojangmacha:

1. Sejarah Pojangmacha

Fakta pojangmacha, warung tenda tempat nongkrong orang korea yang sajikan sohu hingga tteokbokkiFakta pojangmacha, warung tenda tempat nongkrong orang korea yang sajikan sohu hingga tteokbokki Foto: 10mag

Pojangmacha dalam bahasa Korea berarti 'gerobak tertutup'. Kalau di Indonesia memiliki arti yang sama seperti warung tenda pinggir jalan. Seperti kebanyakan warung tenda di Indonesia, pojangmacha juga biasanya buka malam hingga dini hari.

Dilansir dari 10Mag (26/10), pojangmacha sudah ada sejak sekitar 60 tahun lalu. Tidak begitu jelas kapan pojangmacha muncul, tetapi ada yang menyebutkan sekitar tahun 1950-an. Gerai pojangmacha yang pertama kali letaknya ada di Cheonggyecheon, Seoul.

Baca Juga: 5 Jenis Twigim, Gorengan Asal Korea Selatan yang Nikmat

2. Menyediakan Minuman Beralkohol

sojusoju Foto: Istock

Minuman beralkohol bukan hal yang tabu di Korea Selatan. Salah satu tempat yang menyediakan minuman beralkohol adalah pojangmacha.

Minuman beralkohol yang umum disajikan adalah soju. Selain itu, ada juga pojangmacha yang menyediakan makgeolli (minuman alkohol dari beras) dan bir.

Tak heran kalau pojangmacha sangat populer sebagai tempat nongkrong warga Korea selepas bekerja. Biasanya pojangmacha juga dipakai sebagai tempat makan putaran kedua atau disebut 'i-cha' setelah usai makan di tempat lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Manis Tteokbokki Skewer untuk Menu Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com