Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 13:00 WIB
Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen Foto: Twitter @TheRoyalButler
Jakarta -

Seorang ahli etiket asal Inggris dikecam keras oleh orang Asia. Karena dia menyebut kalau makan nasi tidak boleh pakai tangan melainkan garpu dan pisau.

Nasi merupakan makanan pokok orang Asia, terutama Asia Tenggara seperti negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan lainnya. Dan setiap negara pasti memiliki cara sendiri untuk makan makanannya.

Seperti saat makan nasi misalnya, kebanyakan orang Asia pasti memakannya menggunakan tangan telanjang. Atau makan nasi menggunakan sendok juga sebenarnya tidak menjadi masalah.

Baca Juga : Viral Etiket Cara Makan Onigiri Ini Didebat Netizen

White rice in bowlSebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Namun, seorang pria yang mengklaim dirinya sebagai ahli etiket Inggris seolah memandang enteng kebiasaan orang Asia yang sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi.

Ia menyebut kalau nasi tidak seharusnya dimakan pakai tangan. Hal tersebut disampaikan lewat cuitannya di Twitter melalui akun @TheRoyalButler (06/03).

Dilansir dari Mothership (08/03) pria tersebut bernama Grant Harrold. Dia merupakan mantan kepala pelayanan Pangeran Charles, William dan Harry.

"Guys, ingatlah kita selalu menggunakan pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi. Kami tidak menggunakan tangan atau jari kami," tulisnya dalam cuitan.

Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam NetizenSebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen Foto: Twitter @TheRoyalButler

Dalam unggahannya, dia juga menyertakan gambar piring yang terdapat sedikit nasi yang sedang ingin dimakan menggunakan garpu dan pisau. Belum jelas apakah unggahan tersebut hanyalah lelucon atau serius.

Namun, unggahan itu memicu kemarahan netizen di Asia. Banyak netizen yang mengatakan kalau Harrold tidak berhak mengatur cara makan nasi yang benar. Itu karena nasi merupakan makanan pokok orang Asia.

"Orang asing tidak boleh mendikte kami tentang cara makan nasi. Seharusnya Anda harus belajar bagaimana kami melakukannya. Kami, orang Korea makan nasi dengan sendok dan dengan tangan," tulis netizen.

Sebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam NetizenSebut Makan Nasi Tak Boleh Pakai Tangan, Ahli Etiket Inggris Ini Dikecam Netizen Foto: Twitter @TheRoyalButler

Sementara itu, ada pula netizen yang membalasnya dengan sebuah gambar. Gambar tersebut memperlihatkan dirinya tengah makan nasi dan aneka lauk yang beralaskan daun pisang.

Kemudian ia mengambil sesuap nasi dan lauk menggunakan tangan untuk segara dimakan. "Yummy enak sekali makan seperti ini," tulis netizen tersebut.

Baca Juga : Begini Etika yang Harus Diterapkan saat Ditraktir Makan oleh Teman



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Ayam Goreng dengan Sup Iga"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com