Harga Cabai Rawit Terus Meroket, Ini 3 Alternatif Penggantinya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 08 Mar 2021 10:30 WIB
Harga cabai rawit di berbagai wilayah termasuk Jakarta tengah jadi sorotan. Pasalnya harganya naik salah satunya akibat cuaca buruk yang melanda Tanah Air. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Harga cabai rawit terus meroket bahkan menyentuh Rp 120 ribu per kilogram. Ada 3 alternatif pengganti cabai rawit yang bisa digunakan. Rasanya tak kalah pedas!

Cabai rawit adalah jenis cabai berukuran kecil di Indonesia yang rasanya terkenal pedas. Jenis cabai ini sering digunakan sebagai bumbu masakan dan sambal.

Rasanya yang pedas ini juga banyak ditambahkan pada ayam geprek, olahan mercon, dan makanan pedas lainnya. Walaupun pedas, tapi rasanya bikin nagih ketika disantap.

Harga cabai rawit di pasaran saat ini sedang menggila. Harganya terus meroket tajam, terakhir menyentuh hingga Rp 120 ribu per kilogram, seperti dikutip dari detikFinance (5/3).

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Pasaran Pedas Banget!

Karena harganya yang sedang naik, penggunaan cabai rawit sebagai sumber rasa pedas pun dibatasi. Tak jarang banyak orang yang beralih ke cabai kering dengan rasa yang tak kalah pedas.

Berikut 3 alternatif pengganti cabai rawit yang tak kalah pedas:

1. Cabai Kering

Alternatif pengganti cabai rawit segar yang harganya kini terus meroket. Terakhir harganya mennyentuh Rp 120 ribu per kilogramnya.Alternatif pengganti cabai rawit segar yang harganya kini terus meroket. Terakhir harganya mennyentuh Rp 120 ribu per kilogramnya. Foto: iStock

Permintaan cabai kering di pasaran jumlahnya melonjak karena harga cabai rawit segar sedang naik. Cabai kering diminati karena memiliki rasa yang tak kalah pedas.

Rasa pedasnya tetap kuat karena sebenarnya cabai kering ini dikeringkan hingga tak ada kandungan air di dalamnya. Untuk menggunakannya sebagai pengganti cabai segar, bisa langsung merendam cabai kering ini dalam air panas.

Tunggu hingga cabai kering mengembang dan teksturnya melunak. Setelah itu, barulah cabai kering bisa dihaluskan bersama bumbu lainnya. Cabai kering pun bisa digunakan untuk bumbu masakan atau sambal.

2. Bubuk Cabai

Alternatif pengganti cabai rawit segar yang harganya kini terus meroket. Terakhir harganya mennyentuh Rp 120 ribu per kilogramnya.Alternatif pengganti cabai rawit segar yang harganya kini terus meroket. Terakhir harganya mennyentuh Rp 120 ribu per kilogramnya. Foto: iStock

Bubuk cabai juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti cabai rawit segar. Bubuk cabai ini banyak tersebar di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah. Ada yang dijual dalam kemasan sachet, botolan, maupun per kilogram.

Rasa bubuk cabai tentu saja tak kalah pedas dari yang segar. Bahkan rasa pedasnya bisa lebih menyengat dari cabai rawit segar. Cocok sekali digunakan para pencinta pedas yang risau karena harga cabai rawit melonjak di pasaran.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Harga Cabai Rawit di Pasaran Pedas Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com