Sejarah Vending Machine di Jepang, Sudah Ada Sejak 1888!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 08 Mar 2021 16:30 WIB
sejarah vending machine di Jepang. ternyata sudah ada sejak tahun 1888 lho! Foto: iStock
Jakarta -

Jepang dikenal sebagai 'surga' vending machine. Tak hanya menawarkan minuman, tetapi banyak juga yang unik. Yuk, cari tahu mengenai sejarahnya!

Vending machine atau mesin jual otomatis dihadirkan agar penjualan minuman dan makanan lebih praktis. Mesin ini begitu mudah ditemui di Jepang.

Karena, hampir di setiap sudut di sana memiliki vending machine. Ada yang menawarkan minuman kaleng atau botolan, camilan, makanan siap saji, hingga bahan makanan segar seperti sayuran dan daging mentah.

Saat ini vending machine sangat populer, namun bagaimana soal sejarahnya?

Dilansir dari The Creative Adventure (16/2), berikut fakta dan sejarah vending machine di Jepang:

1. Sejarah Vending Machine di Jepang

sejarah vending machine di Jepang. ternyata sudah ada sejak tahun 1888 lho!sejarah vending machine di Jepang. ternyata sudah ada sejak tahun 1888 lho! Foto: iStock

Sebelum mengulik sejarah vending machine di Jepang, sebenarnya mesin ini pertama kali dibuat di Alexandria, Mesir pada 251 SM. Berupa mesin yang menawarkan air suci.

Di mana ketika memasukkan koin, maka sebotol air suci akan keluar. Ukuran botol air suci juga tergantung pada berat koin yang dimasukkan.

Baca Juga: Keren! Di Jepang Bisa Beli Tiram Goreng Lewat Vending Machine

Untuk vending machine di Jepang pertama kali dibuat pada tahun 1888. Adalah Tawaraya Koshichi seorang pembuat furnitur yang saat itu merancang vending machine. Ia menawarkan tembakau di mesin canggih tersebut.

Kemudian pada tahun 1950-an, vending machine mulai populer di Jepang. Pada tahun itu populer vending machine yang menawarkan jus dan dipasang dalam gedung perkantoran. Mesin ini akan mengeluarkan secangkir jus dengan membayar 10 yen. Sampai saat ini vending machine populer dan menawarkan beragam minuman.

2. Mengapa Vending Machine Populer di Jepang?

sejarah vending machine di Jepang. ternyata sudah ada sejak tahun 1888 lho!sejarah vending machine di Jepang. ternyata sudah ada sejak tahun 1888 lho! Foto: iStock

Terdapat banyak alasan untuk menjawabnya, salah satunya karena biaya real estate di kota besar dan padat penduduk seperti Jepang itu terbilang sangat tinggi. Oleh karena itu, vending machine jadi pilihan terbaik untuk menggantikan minimarket.

Adanya vending machine di Jepang juga bisa menghemat biaya untuk membayar tenaga kerja. Karena, tidak perlu mempekerjakan kasir, hanya perlu satu orang untuk mengganti stok setiap beberapa hari.

Vending machine juga dinilai lebih praktis dan nyaman. Di mana orang Jepang sibuk dengan pekerjaan mereka, jadi bisa lebih menghemat waktu membeli minuman dari vending machine dan tidak perlu berjalan kaki ke kedai kopi.

Vending machine di Jepang juga banyak yang diletakkan di pinggir jalan tanpa penjagaan, berbeda dengan negara lain yang menyimpannya di dalam ruangan. Ini karena tingkat kejahatan di Jepang sangat rendah sehingga mesin jarang dirusak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Uniknya Vending Machine di Jepang, Ada Es Krim hingga Bir"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com