Pisang Goreng Milenial

5 Varian Pisang Goreng Kekinian, Ada Pisang Donut hingga Sate Pisang Goreng!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 18:00 WIB
pisang goreng kekinian, ada pisang donut dan sate pisang Foto: Instagram @pisangpanik
FOKUS BERITA Pisang Goreng Milenial
Jakarta -

Pisang goreng tak hanya berbalut adonan tepung terigu saja, tetapi ada juga varian kekinian. Seperti pisang nugget, piscok lumer, hingga pakai mozarella lumer!

Pisang goreng adalah jajanan khas Indonesia yang terbuat dari buah pisang. Umumnya irisan pisang dibalut adonan tepung terigu kemudian digoreng hingga kering.

Pisang goreng mudah dibuat ataupun ditemui di penjual gorengan. Biasanya disantap sebagai menu sarapan atau camilan saat minum kopi dan teh.

Tak hanya pisang goreng klasik saja, tetapi sekarang banyak sekali kreasi pisang goreng kekinian. Ada pisang nugget hingga piscok lumer yang cokelatnya melimpah.

Baca Juga: Penjual Pisang Goreng Bisa Raup Rp 5 Juta/Hari Saat Pandemi

Berikut 5 varian pisang goreng kekinian:

1. Pisang Nugget

pisang nuggetpisang nugget Foto: Lusiana Mustinda

Nugget biasanya terbuat dari daging ayam atau seafood yang dihaluskan dengan sejumlah bumbu. Biasa digunakan untuk lauk nasi putih hangat. Tapi, nugget juga ada yang terbuat dari pisang.

Pisang nugget jadi varian pisang goreng kekinian yang pernah hits beberapa tahun lalu. Pisang nugget dengan rasa manis dan tekstur renyahnya membuat banyak orang jatuh hati.

Pisang nugget disajikan dengan siraman aneka saus manis yang nikmat. Topping lainnya berupa keju, meisjes, hingga Oreo. Pisang nugget dijual mulai dari Rp 20 ribuan per porsinya.

2. Pisang Tanduk Krispi

A collection of fried crispy banana with grated cheese top in a packaging.A collection of fried crispy banana with grated cheese top in a packaging. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew

Pisang goreng biasanya terbuat dari pisang kepok atau pisang uli. Karena kedua jenis pisang ini ukurannya cukup besar dan padat. Rasanya tak hanya manis, tetapi ada cenderung rasa asam.

Namun, kini banyak tersebar di pasaran penjual pisang goreng krispi. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang tanduk. Pisang tanduk yang ukurannya besar itu dibelah menjadi dua.

Kemudian irisan pisang tanduk itu dibalut dengan adonan tepung terigu dan tepung beras agar teksturnya jadi renyah ketika digoreng. Pisang goreng ini ada yang disajikan polos, ada juga yang memakai topping seperti keju dan meisjes.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pisang Goreng Halalan Thayyiban Jakarta, Rasa Bervariasi yang Diminati Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Pisang Goreng Milenial
FOKUS BERITA Pisang Goreng Milenial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com