Pisang Goreng Milenial

Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian

Riska Fitria - detikFood Senin, 01 Mar 2021 18:00 WIB
Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian Foto: iStock
FOKUS BERITA Pisang Goreng Milenial
Jakarta -

Pisang goreng merupakan camilan klasik sepanjang masa. Kini muncul juga olahan pisang goreng dengan selera anak milenial yang kekinian.

Sesuai dengan namanya, pisang goreng merupakan kudapan berupa buah pisang yang digoreng. Pisang goreng banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional hingga penjual gorengan keliling.

Biasanya orang Indonesia menyantap pisang goreng sebagai menu sarapan atau untuk teman ngopi dan ngeteh. namun sebenarnya pisang renyah legit ini pertama kali diperkenalkan oleh orang Portugis yang singgah ke Indonesia untuk mencari rempah.

Baca Juga : 12 Pisang Goreng Enak di Jakarta

Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal KekinianDiperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian Foto: iStock

Pada tahun 1511, ada orang Portugis yang datang ke daerah Melayu. Mereka punya kebiasaan sarapan dengan menu pisang yang sudah dikupas, dilumuri tepung dan digoreng. Makanan itu yang disebut pisang goreng.

Sejak saat itu, pisang goreng banyak diadaptasi oleh orang Melayu termasuk juga Indonesia. Apalagi di tiap daerah punya jenis tanaman pisang yang unik. Karenanya banyak varian pisang goreng di setiap daerah.

Mulai dari pisang goreng kipas khas Pekanbaru, pisang goreng telanjang khas Banjar, pisang goreng goroho khas Manado, sanggara pepe khas Bugis, pisang goreng pasir khas Pontianak dan lainnya.

Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal KekinianDiperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian Foto: iStock

Tak sembarang jenis pisang yang dapat diolah jadi pisang goreng. Biasanya yang memiliki tekstur padat dan kadar airnya sedikit. Saat itu, banyak orang yang menggunakan pisang kepok.

Namun, ada juga yang menggunakan jenis-jenis pisang lain dengan karakteristik hampir serupa juga dipakai, seperti pisang uli, pisang tanduk, pisang ambon dan lainnya.

Cara membuat pisang goreng sangat sederhana. Buah pisang dilumuri adonan kental yang terbuat dari tepung, sedikit garam dan gula. Kemudian pisang digoreng sampai warnanya menjadi cokelat keemasan.

Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal KekinianDiperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian Foto: iStock

Saking sederhananya, dulu pisang goreng diidentikkan sebagai makanan orang miskin. Selain itu, pisang goreng dijual dengan harga murah. Dari itulah muncul klaim bahwa pisang goreng adalah makanan sejuta umat.

Namun, semakin berkembangnya zaman kudapan pisang goreng banyak dikreasikan menjadi lebih kekinian. Variasinya seolah membuat pisang goreng naik kelas. Mulai dari pisang cokelat, pisang lumer, pisang nugget, pisang goreng madu dan masih banyak lagi.

Jajanan pisang goreng tersebut menjadi modern saat disajikan dengan aneka topping dan isian. Juga dikemas dengan pengemasan yang menarik. Kali ini detikfood akan mengulas bagaimana anak milenial mengolah pisang goreng jadi jajanan kekinian.

Diperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal KekinianDiperkenalkan Portugis Diolah dengan Gaya Lokal Kekinian Foto: detikcom

Pisang goreng tampil kekinian. Dibuat nugget pisang dengan aneka topping. Dilumatkan dan dibentuk seperti pizza atau donat. Lalu diberi aneka topping, dari cokelat, saus matcha, ovomaltine, keju hingga saus cappuccino.

Ada juga kedai pisang goreng wijen khas Kalimantan yang laris manis hingga jenis-jenis pisang goreng yang terkenal enak dan masih bertahan hingga kini. Rekomendasi tempat beli pisang goreng enak dan kekinian. Karenanya pantau terus detikFood ya!

Baca Juga : Manis Renyah Pisang Panik, Pisang Goreng Madu yang Lagi Viral



Simak Video "Pisang Goreng ala Pizza, Cita Rasa Baru Camilan Unik di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Pisang Goreng Milenial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com