Nasi Uduk Betawi

Mantap! Nasi Uduk Mpok Farida dengan Lauk Semur Tahu dan Tempe Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 28 Feb 2021 08:00 WIB
nasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Banyak nasi uduk Betawi tersohor di Jakarta yang disajikan dengan beragam lauk. Ada juga warung nasi uduk 'ngumpet' yang menawarkan lauk sederhana sejak tahun 1990-an.

Sebagai tempat asalnya nasi uduk Betawi, tentu saja di Jakarta ada banyak tempat makan nasi uduk enak. Tak hanya yang terkenal saja, tetapi banyak juga warung nasi uduk klasik yang lokasinya 'ngumpet'.

Biasanya nasi uduk ini ditawarkan di depan rumah orang Betawi yang sudah lama tinggal di wilayah tersebut. Salah satunya Nasi Uduk Mpok Farida yang terkenal di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan.

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Nasi Uduk Pasar Thomas: Selalu Antre! Nasi Uduk dengan 30 Pilihan Lauk Sedap

Warung nasi uduk ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Usahan nasi uduk ini sekarang dikelola oleh generasi ke-3 yaitu Ibu Nurmani.

"Dari saya SMA, kayaknya mah tahun 90-an. Generasi udah ketiga, dari nenek, emak, baru saya," ujar Nurmani kepada detikFood (27/2).

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Lokasinya ada di Jalan H. Buang, Ulujami, Jakarta Selatan. Lokasinya tepat berada di samping TK Harmoni.

Penjualnya hanya mengandalkan pekarangan rumahnya untuk berjualan. Warungnya juga sangat sederhana dan tak banyak berubah sejak tahun 1990.

Aroma nasi uduk ini sudah tercium saat kamu baru menginjakkan kaki di depan warung. Setelah dicicipi, rasanya lumayan gurih. Tambahan bawang merah goreng yang wangi membuat rasanya makin nikmat.

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Setiap harinya Nasi Uduk Mpok Farida bisa menghabiskan hingga 20 liter beras. Bahkan, sebelum pandemi mencapai 30 liter beras.

Lauk yang disajikan hanya ada beberapa menu dan tampak sederhana. Di antaranya ada semur tahu, tempe, telur, dan kentang. Ada juga telur balado, telur ceplok, sayur lelawar tahu tempe, dan gorengan tempe dan bakwan.

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Harga yang ditawarkan juga terjangkau, untuk nasi uduknya saja dibanderol Rp 7.000 per porsi. Makan nasi uduknya saja sudah nikmat, ditambahkan dengan sambal kacangnya yang diulek kasar.

Kalau nasi uduk ditambah dua gorengan harganya dibanderol Rp 10.000. Satu porsi nasi uduk dengan gorengan ini juga bikin perut kenyang, apalagi gorengannya masih hangat.

Bisa juga kamu memadukan nasi uduk dengan lauk telur balado dan tahu semur. Satu porsinya hanya dibanderol Rp 15.000.

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Lauknya tak mengalami banyak perkembangan sejak pertama buka. Nurmani mengaku memang banyak permintaan dari para pelanggannya untuk ditambahkan jenis lauknya, namun tak ia lakukan karena semuanya dimasak sendiri.

"Kata orang gini tuh pake bihun atau apa gitu, ah tapi males. Soalnya nggak ada yang bantuin juga, jadi kayak gini aja deh," pungkas Nurmani.

Nasi Uduk Mpok Farida ini buka mulai pagi hari, jadi cocok untuk sarapan. Bukanya dari pukul 05.00 hingga 10.00 WIB saja. Tertarik untuk mencobanya?

Nasi Uduk Mpok Farida

Jalan H. Buang,
Ulujami, Jakarta Selatan
Jam operasional: 05.00-10.00 WIB

Baca Juga: Sultan! Nasi Uduk Ini Pakai Lauk Semur Sengkel Rp 40 Ribu



Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com