Waduh! Ikan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang Lincah

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 18:00 WIB
Ikan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang Lincah Foto: tiktok @al_lissda/@chefnausa
Jakarta -

Seorang netizen membagikan video saat ia hendak mengolah ikan. Ikan tanpa isi perut ini ternyata masih bisa berenang lincah layaknya ikan hidup. Kok bisa?

Kasus soal ikan yang 'hidup' lagi setelah dipotong bukan baru kali ini saja terjadi. Beberapa video pernah menunjukkan ikan masih bergerak aktif meskipun sudah disembelih, bahkan untuk ikan yang sudah dibersihkan isi perutnya.

Sebuah video yang diunggah lewat akun tiktok @al_lisda menampilkan dua ekor ikan yang sudah dipotong lalu dikeluarkan seluruh bagian isi perutnya. Namun ketika ikan hendak dicuci dalam wadah berisi air, ternyata ikan ini justru berenang dengan lincah.

Ikan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang LincahIkan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang Lincah Foto: tiktok @al_lissda/@chefnausa

Sontak video yang diunggah pada 18 Februari 2021 ini menjadi perbincangan ramai di media sosial. Banyak yang menyebut hal ini biasa terjadi, namun tak sedikit yang menganggap sebagai kejadian mistis.

"Iya kalau ikan mujair emang kaya gitu aku ngalamin udah dibuang isi perutnya masih kelabakan serem aneh gitu," kata netizen.

"Kalo di biologi, ikan baru di bunuh itu otot2 syarafnya masih bekerja, orang tukang potong ayam dan lele pasti sering nemu yang bginian, itu ga aneh," sahut netizen lain.

Video ini kemudian diunggah ulang oleh pemilik akun tiktok @chefnausa. Ia menjelaskan alasan kenapa ikan masih bisa bergerak dan berenang meskipun tanpa organ dalam perutnya.

"Gue pernah baca risetnya, jadi ikan itu bisa bergerak tanpa kepala atau tanpa isi perutnya karena dia itu punya syaraf. Nah ikan ini kan metabolismenya lambat ya, jadi mengakibatkan sarafnya itu masih berfungsi dalam rentang waktu dan suhu tertentu," kata Chef Nausa.

Ikan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang LincahIkan Tanpa Isi Perut Ini Masih Bisa Berenang Lincah Foto: tiktok @al_lissda/@chefnausa

Ketika dihubungi detikcom (26/2) Chef Nausa menegaskan hal ini lazim terjadi dan tidak ada kaitannya dengan hal mistis. "Nanti kalau sarafnya sudah mati, dia akan berhenti bergerak sendiri. Yang bikin dia bergerak itu sebenernya ada kalium dan natrium yang bocor sehingga memberikan respon pada otot untuk bergerak," kata Chef Nausa.

Sementara sang perekam dan pengunggah video, Lisda, mengaku ikannya ini memang berhenti bergerak setelah beberapa lama didiamkan di piring. Ia kemudian lanjut mengolah ikan ini dengan cara digoreng.



Simak Video "Gurih Segar Iwak Tunu, Menu Langka dari Kalianda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya