Sebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 Miliar

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 15:00 WIB
Sebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 Miliar Foto: Getty Images/contrastaddict
Jakarta -

Selain jadi minuman untuk dinikmati, beberapa minuman alkohol juga dikoleksi. Seperti sebotol whisky yang dibuat pada tahun 1926 ini terjual seharga hampir Rp. 19 milliar.

Whisky atau whiskey merupakan salah satu minuman beralkohol yang banyak diproduksi di Skotlandia. Minuman ini bahkan sudah dinikmati masyarakat Irlandia sejak berabad silam.

Bagi para penggemar minuman beralkohol, whisky bahkan sering dijadikan benda koleksi. Semakin tua umur whisky dan semakin langka keberadaannya akan membuat sebuah botol whisky semakin mahal.

Nilai sebuah botol whisky juga ditentukan oleh jenis biji-bijian yang digunakan, proses penyulingan yang dilakukan, proses penyimpanan dalam tong hingga usia lama penyimpanan. Bahkan baru-baru ini diketahui sebuah whisky dilelang dengan harga yang fantastis.

Baca Juga: Whisky Terbaik di Dunia Ternyata Ada di Jepang

Dilansir melalui Daily Mail UK (23/2), sebotol whisky Skotlandia yang diproduksi dari penyulingan Moray menjadi rebutan para kolektor minuman beralkohol. Whisky berusia 60 tahun ini mulai disimpan dalam tong untuk fermentasi sejak 1926.

Sebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 MiliarSebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 Miliar Foto: Getty Images/contrastaddict

Sebelumnya, botol whisky ini merupakan salah satu dari 1.958 koleksi botol milik Richard Gooding, seorang pebisnis asal Amerika Serikat. Semasa hidupnya Gooding bahkan telah menghabiskan 35 tahun waktu hidupnya untuk mengelilingi dunia, terutama Skotlandia, untuk berburu whisky klasik yang legendaris.

The Macallan 1926 Fine And Rare menjadi salah satu yang diperebutkan di pelelangan setelah Gooding meninggal. Whisky yang disebut dengan cawan suci ini bahkan laku dengan harga 1 Juta Poundsterling atau setara dengan Rp. 20 Milyar.

The Macallan 1926 Fine And Rare memang sudah sejak lama memiliki daya tarik tersendiri pada kolektor alkohol. Whisky ini memerlukan waktu pematangan selama 60 tahun dalam tong hingga akhirnya dibotolkan dan dijual.

"Tidak diragukan lagi, seluruh koleksi dirajai oleh Macallan 1926 Fine And Rare yang tak tertandingi, whisky ini menjadi puncak pengumpulan whisky selama bertahun-tahun," kata McClune.

Sebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 MiliarSebotol Whisky Berusia 95 Tahun Ini Laku Dijual Rp. 20 Miliar Foto: Getty Images/contrastaddict

Lelang whisky yang berasal dari rak koleksi Gooding, didedikasikan untuk menghargai seorang kolektor whisky yang luar biasa. Di kalangan kolektor whisky, Gooding memang dianggap sebagai kolektor yang berdedikasi dengan raknya dan membangunnya dengan sangat sempurna.

"Sebagai penggemar whisky sendiri, kami tahu bahwa koleksi ini layak mendapatkan sorotan sendiri untuk memungkinkan kami benar-benar menyimpan kelangkaan dan nilai yang besar dari sesuatu yang begitu bersejarah," kata McClune.

Bukan hanya The Macallan 1926 Fine and Rare, banyak koleksi botol milik Gooding lainnya yang ikut dilelang. McClune juga menambahkan bahwa total botol whisky Gooding yang sudah terjual mencapai lebih dari 9 Juta USD atau setara dengan Rp. 126,7 miliar.

Baca Juga: Whisky Vintage Berusia 50 Tahun Ini Diharga Rp 500 Juta Per Botolnya



Simak Video "Whisky Termahal di Dunia Ada di Jepang, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com