Beethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji Kopi

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 06:00 WIB
Beethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Ludwig van Beethoven, komposer musik klasik asal Jerman terkenal dengan kemampuan musiknya yang mumpuni. Ternyata, Beethoven punya racikan kopi yang nikmat.

Seorang legenda komposer pada abad ke-18, Ludwig van Beethoven mendunia namanya. Kepopulerannya meningkat berkat kemampuan musik yang tiada tanding.

Jika kamu penikmat musik klasik, kamu mungkin tak asing dengan Symphony No.9, Symphony No.5 bahkan Für Elise. Selain kemampuan musiknya, Beethoven ternyata memiliki racikan kopi favorit yang tak kalah legendaris.

Dilansir melalui Coffee Ordie (11/2), Ludwig van Beethoven terkenal secara obsesif membuat kopinya sendiri. Berbeda dengan komposer lainnya, Beethoven lebih seperti orang biasa yang memiliki keterampilan pada bidang kuliner.

Baca Juga: Ternyata 5 Tokoh Dunia Ini Pencinta Kuliner!

Beethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji KopiBeethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji Kopi Foto: iStock

Anton Schindler, penulis biografi sekaligus orang terdekat Beethoven, mengungkapkan bahwa Beethoven memang memiliki racikan kopinya sendiri yang ia minum semasa hidupnya. Beethoven merupakan seorang peracik kopi yang bahkan dikatakan cukup mengerikan.

Beethoven dikatakan selalu menghitung jumlah kopi yang akan dihaluskannya. jika terjadi kesalahan penghitungan, komponis legendaris ini akan mengulang hitungannya.

Biji kopi dengan tepat dihitung sebanyak 60 biji yang kemudian digiling halus. Setelah menghitung biji kopi, Beethoven akan mulai menyeduh kopinya dalam alat seduh berupa pecahan kaca yang ia buat sendiri.

Beethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji KopiBeethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji Kopi Foto: iStock

Tidak ada yang tahu persis alat apa yang digunakan oleh Beethoven. Tetapi karena catatan Schindler yang mengatakan bahwa Beethoven memiliki selera oriental, maka diprediksi bahwa alat yang digunakan untuk menyeduh kopinya adalah Turkish coffee Pot atau alat seduh bergaya Turki.

Alasan obsesif Beethoven terhadap cangkir kopinya diperkirakan memiliki latar belakang alasan yang sama yang mendorongnya menjadi seorang pemusik. Yaitu ayahnya yang pemabuk.

Beethoven dibesarkan di keluarga yang penuh dengan para pengisi panggung pertunjukan. Salah satunya adalah ayahnya yang merupakan seorang penyanyi dan pecandu alkohol.

Beethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji KopiBeethoven, Sang Komposer Musik Klasik Selalu Meracik Kopi dari 60 Biji Kopi Foto: iStock

Hal ini membuat Beethoven juga menggemari wine selain kopi. Rutinitasnya meminum wine dan kopi membuatnya memiliki gangguan kesehatan.

Saat ia berkonsultasi, dokternya menyarankan untuk mengurangi konsumsi wine dan kopinya. Saran itu diabaikannya. Karenanya ia harus kehilangan nyawa pada tahun 1827 melalui kerusakan hati yang dideritanya.

Baca Juga: Albert Einstein hingga Beethoven, Tokoh Dunia yang Punya Kebiasaan Sarapan Unik



Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com