Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 22 Feb 2021 17:30 WIB
Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik? Foto: Getty Images/iStockphoto/ipopba
Jakarta -

Saat mabuk minuman alkohol, banyak orang melihat satu sama lain lebih atraktif atau menarik. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menikmati minuman alkohol memang bukan budaya di Indonesia dan negara Asia lain, namun di negara Barat, minuman alkohol biasa dinikmati. Apalagi ketika memasuki musim dingin, orang-orang di sana akan menikmati minuman alkohol untuk menghangatkan badan.

Selain itu, banyak orang menikmati minuman alkohol sebagai bagian gaya hidup untuk bersosialisasi. Bertemu banyak orang di bar lalu sering kali minum terlalu banyak hingga membuat mabuk.

Uniknya, banyak orang merasa ketika dirinya mabuk, sosok lawan jenis terlihat lebih menarik. Menanggapi hal ini, ilmuwan yang populer di TikTok yaitu Dr Karl memberi penjelasannya secara ilmiah.

Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik?Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik? Foto: Getty Images/iStockphoto/ipopba

Dikutip dari Daily Mail (17/2), doktor lulusan kedokteran dan teknik biomedis ini mengatakan, "Minuman alkohol benar-benar luar biasa. Minuman ini bisa menghilangkan noda minyak dari lantai garasi, tapi juga bisa mengubah persepsi manusia tentang kenyataan."

Dr Karl mengutip hasil penelitian tahun 2003 kepada para mahasiswa heteroseksual. Penelitian itu bertujuan mengetahui apakah minuman alkohol mempengaruhi persepsi realitas dan opini mereka mengenai tingkat daya tarik orang lain.

Baca Juga: 7 Artis Korea Ini Sanggup Minum Banyak Alkohol, Siapa Saja?

"Untuk pria dan wanita, ketika mereka sedikit mabuk, sedikit minuman alkohol membuat jam tangan terlihat sedikit lebih menarik," kata Dr Karl. Ia menambahkan, "Namun ketika berbicara tentang menilai daya tarik orang lain, wanita menganggap pria sedikit lebih menarik, tetapi pria menganggap wanita jauh lebih menarik."

Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik?Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik? Foto: TikTok Dr Karl

Dr Karl mengatakan hal ini sebagai peningkatan 'Indeks Daya Tarik Wajah' atau sering disebut 'Beer Googles' (kacamata bir).

Melihat informasi ini, banyak netizen menilai ini merupakan temuan yang menarik. Banyak pula yang mengatakan belum pernah tahu fakta ini sebelumnya. "Saya suka (fakta) ini, ini sangat benar," kata seorang netizen.

Selain itu, Dr Karl juga pernah membahas kenapa minuman soda Diet Coke ketika dicampur minuman alkohol akan membuat seseorang lebih mabuk. Hal ini rupanya terkait proses pencernaan.

Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik?Kenapa Saat Mabuk Minuman Alkohol Orang Terlihat Lebih Menarik? Foto: Getty Images/iStockphoto/ipopba

Teorinya adalah ketika minuman soda dicampur minuman alkohol, seseorang mencerna jumlah alkohol cair yang sama. Tetapi karena perut mencerna dua hingga tiga kalori per menit, minuman Diet Coke akan diproses lebih cepat.

"Perut Anda mengeluarkan cairan dengan kecepatan tetap sekitar dua hingga tiga kalori per menit. Jadi rum dan Diet Coke akan keluar dari perut Anda, ke bagian berikutnya, di mana ia diserap lebih cepat. Kadar alkohol dalam darah pun akan naik lebih tinggi," tuturnya.

Terakhir, Dr Karl merekomendasikan untuk tidak menikmati minuman alkohol dalam keadaan perut kosong. Akan lebih baik untuk makan dulu supaya efek mabuk tidak terlalu parah.

Baca Juga: Sering Minum Alkohol Selama 30 Tahun, Tubuh Kakek Ini Berubah Kuning

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com