Waspada Banjir, 5 Makanan Praktis Ini Bisa Dijadikan Stok

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 16:30 WIB
Top view of cup of instant noodle ready to eat Foto: Istimewa
Jakarta -

Curah hujan tinggi membuat beberapa daerah dikepung banjir. Ada beberapa jenis makanan yang tahan lama dan bisa dijadikan stok dalam keadaan darurat.

Hujan lebat di sejumlah titik membuat daerah Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir. Menurut perkiraan BMKG sendiri, hujan lebat diperkirakan akan melanda wilayah Jabodetabek pada tanggal 23-24 Februari mendatang.

Agar tetap aman, ada beberapa jenis makanan yang bisa distok untuk keadaan darurat. Makanan-makanan ini cukup awet dan praktis untuk dimakan.

Mulai dari makanan kalengan, makanan instan, sampai buah dan sayuran yang tahan lama. Berikut stok lima makanan yang tahan lama dan praktis untuk dimakan.

Baca Juga: Banjir Kembali Melanda Jakarta, Ini Cara Jaga Keamanan Makanan dan Air


1. Mie Instan

Instant Udon Noodle Soup at your Desk - Photographed on a Hasselblad H3D11-39 megapixel Camera SystemInstant Udon Noodle Foto: iStock

Jadi makanan yang paling mudah ditemukan. Mie instan cukup awet dan mudah untuk dimakan. Dalam keadaan darurat, seperti banjir contohnya. Mie instan bisa digunakan sebagai menu makanan pengganti yang praktis.

Varian rasa mie instan juga banyak dan kemasannya yang cukup aman untuk dibawa-bawa. Agar lebih sehat, mie instan bisa ditambahkan dengan telur atau sayuran sederhana seperti sawi.

Jangan lupa simpan juga beberapa mie instan cup. Karena mie instan jenis cup ini lebih praktis dibuat dan dimakan. Kebanyakan mie instan memiliki expired date atau tanggal kedaluwarsa sampai tahunan. Jadi aman untuk dijadikan simpanan stok makanan.


2. Makanan Kalengan

Open canned fish near fork and knife on wooden background with free spaceOpen canned fish near fork and knife on wooden background with free space Foto: thinkstock

"Saat ada bencana alam dan situasi darurat, yang dibutuhkan orang-orang adalah tambahan kalori. Anda perlu asupan nutrisi dan serat, yang membuat tubuh tetap normal," jelas Barry Swanson, selaku ilmuwan makanan dari Washington State University, dikutip dari Real Simple (21/02).

Menurut Barry pilihlah makanan yang awet dan tahan lama. Seperti makanan kalengan contohnya. Makanan kalengan ini sangat praktis, tidak perlu dimasak lagi dan bisa langsung dimakan.

Untuk jenisnya sendiri cukup beragam. Sekarang sudah banyak rendang kalengan yang bertahan 6-12 bulan. Begitu juga dengan gudeg kalengan, sarden saus cabe yang bisa dijadikan alternatif stok makanan untuk keadaan darurat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Banjir Jakarta, Omzet Pedagang Kuliner di 'Thamrin 10' Menurun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com