5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 18:00 WIB
5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal Foto: iStock

3. Khasiat Buah Ciplukan

5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal Foto: iStock

Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyebut bahwa ciplukan bisa digunakan sebagai pengobatan untuk beberapa penyakit. Seperti bisul, gusi berdarah dan kencing manis.

Biasanya masyarakat memanfaatkan buah ciplukan untuk mengobati bisul, luka, konstipasi hingga masalah pencernaan. Hal tersebut juga telah dibuktikan lewat beberapa penelitian.

Dalam penelitian tersebut menemukan khasiat buah ciplukan juga ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Khasiat lainnya antara lain menjaga jaringan otot, merawat kepadatan tulang, hingga mencegah infeksi.

4. Populer di Berbagai Negara

5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal5 Fakta Ciplukan, Buah Liar yang Harganya Mahal Foto: iStock

Selain Amerika dan Indonesia, buah ciplukan juga dimanfaatkan oleh beberapa negara lainnya. Seperti Taiwan, Peru hingga Afrika Barat.

Di Amerika sendiri tepatnya di lembah Amazon, buah ciplukan biasa diolah menjadi jus. Jus tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai obat penenang, pembersih darah, anti-rematik hingga mengobati sakit telinga.

Sementara di Taiwan memanfaatkan buah mungil ini menjadi racikan obat tradisional. Kemudian digunakan untuk mengobati diabetes, asma, malaria hingga hepatitis.

Begitu pula dengan Peru, mereka juga memanfaatkan sebagai obat penyakit hati. Dan di Afrika Barat biasa digunakan untuk menyembuhkan kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com