Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 16:30 WIB
Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News
Jakarta -

Sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu camilan populer Cheetos, Lays dan Doritos punya sejarah unik.

Produksi Cheetos, Lays dan Doritos akan dihentikan di Indonesia per bulan Agustus 2021 mendatang. Kabar ini membuat banyak netizen penggemar snack gurih ini kecewa.

Dikutip dari CNN Indonesia (18/02), ketiga brand cemilan asal Amerika tersebut dilarang diproduksi di indonesia selama tiga tahun mendatang. Karena perusahaan makanan dan minuman kemasan PepsiCo Inc., (PepsiCo) selaku afiliasi Fritolay Netherlands Holding BV telah resmi diakuisisi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Banyak netizen yang sedih dan kecewa karena harus berpisah dari camilan kesukaan mereka. Tapi dibalik kesuksesan camilan renyah ini banyak sejarah menarik dari perkembangan Cheetos, Lays dan Doritos.

Dilansir dari berbagai sumber berikut sejarah awal tentang produksi camilan Cheetos, Lays dan Doritos yang populer di berbagai negara di dunia.


1. Perusahaan Snack Asal Amerika

Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah UnikCheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News

Frito-Lay merupakan perusahaan snack asal Amerika yang menjual beberapa brand cemilan ternama. Seperti Cheetos, Doritos, Lays hingga Tostitos.

Perusahaan ini kini sudah bergabung dengan perusahaan makanan PepsiCo. Awalnya perusahaan Frito didirikan pada tahun 1930 di Amerika. Kemudian Frito Company bergabung dengan perusahaan milik pencipta Lays, yaitu H.W Lay Company di tahun 1961.

Kedua perusahaan ini bergabung dengan nama Frito-Lay, Inc. Tepat pada tahun 1965, PepsiCo resmi mengakusisi perusahaan Frito-Lay hingga sekarang.

2. Lays

Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah UnikCheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News

Lays atau Lay's merupakan cemilan keripik kentang paling terkenal di Amerika. Lays dulunya dikenal dengan nama Frito-Lay atau Fritos. Kemudian nama ini digunakan untuk mendirikan perusahan makanan Frito-Lay yang populer.

Sama seperti Cheetos dan Doritos, Lays juga memiliki sejarah yang panjang. Semuanya berawal dari H.W Lay, seorang sales penjualan pada masa Depresi Besar di Amerika, di tahun 1930-an.

Pada tahun 1932 ia menciptakan keripik kentang yang kemudian dijualnya ke berbagai kota di Amerika. Lay percaya bahwa ia bisa memberikan produk makanan murah berkualitas ke setiap konsumen.

Herman W. Lay juga menjajakan keripik kentang ini di Nashville. Ia lalu berkeliling Amerika Selatan menggunakan mobil.

Selama lebih dari 89 tahun, Lays masih mempertahankan resep dari H. W Lay. Mereka masih menggunakan kentang terbaik dari para petani lokal. Tak hanya di Amerika saja, keripik kentang yang satu ini juga di gemari di setiap negara.

Baca Juga: Sudah Ada 86 Tahun, Ini 10 Fakta Keripik Kentang Lay's

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lays hingga Cheetos akan Setop Produksi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com