Kedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal Indonesia

Riska Fitria - detikFood Senin, 15 Feb 2021 16:00 WIB
Kedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal Indonesia Foto: Instagram @kedailokalti
Jakarta -

Di Yogyakarta ada kedai yang khusus menawarkan teh. Ada puluhan merek teh lokal Indonesia yang ditawarkan di kedai tersebut.

Biasanya kafe atau kedai menawarkan menu kopi. Berbagai racikan kopi pun ditawarkan sebagai menu signature. Mulai dari kopi susu, latte, cappucino, moccacino dan masih banyak lagi.

Namun, berbeda dengan kedai yang ada di Yogyakarta ini. Kedainya bukan menawarkan kopi, melainkan menawarkan teh lokal Indonesia. Kedainya dikenal bernama Kedai Lokalti yang berada di kawasan Sleman, tepatnya di Jalan Damai.

Baca Juga : Pelajari Racikan Teh Kekinian yang Bakal Laris di Kafe

Kedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal IndonesiaKedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal Indonesia Foto: Instagram @kedailokalti

Kepada detikcom (12/02) Argadi selaku pemilik dari Kedai Lokalti menyebut bahwa ada sekitar 30 merek teh lokal Indonesia di kedainya. Tak hanya dari Yogyakarta saja, tetapi juga daerah lain seperti Solo, Sumatera, Kalimantan dan lainnya.

"Kalau merek teh kita ada sekitar 30-an merek. Tapi kalau jenis teh ada sekitar 40-an lah. Kan ada black tea, teh melati dan masih banyak lagi," ujar Argadi

Kedai Lokalti ini didirikan pertama kali pada tahun 2015. Lebih lanjut, Arga juga menceritakan awal mula mendirikan kedai teh ini. Berawal dari dirinya yang punya ketertarikan sendiri dengan teh lokal Indonesia.

Kedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal IndonesiaKedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal Indonesia Foto: Instagram @kedailokalti

"Awalnya saya itu penggemar teh. Dan skripsi saya juga tentang teh. Jadi, saya memutuskan untuk membuka karena ingin melihat fenomena teh," ujar Arga.

Sebab selama ini, ia selalu melihat teh disajikan sebagai minuman pendamping ketika makan. Dan tidak ada yang benar-benar minum teh untuk menikmati aroma dan rasa teh.

Ada banyak menu yang ditawarkan di kedai ini, ada yang dikemas dalam botol dan ada juga yang di gelas. Menunya ada Mantan Manten, Lik Yadi, Mba Winarsih, Teh Tarik Medan, Teh Leci, Naga Malang dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan berkisar Rp 7.000 hingga Rp 20.000. Sementara untuk menu makanan hanya tersedia menu camilan seperti pisang goreng, tempe kentang goreng, tahu walik.

Kedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal IndonesiaKedai di Yogyakarta Ini Jual Puluhan Merek Teh Lokal Indonesia Foto: Instagram @kedailokalti

Tak kalah dengan kedai kopi, kedai teh ini juga punya gaya bangunan yang kekinian. Bahkan kedainya populer sebagai tempat nongkrong anak-anak milenial. Ada dua area di sana, outdoor dan indoor.

"Anak-anak milenial yang dominasi nongkrong di sini. Jadi, ada yang emang pencinta teh ada juga yang cuma sekadar nongkrong pengen tahu rasanya teh kayak gimana," ujar Argadi.

Selain itu, pengunjung juga bisa memilih untuk duduk di kursi atau duduk lesehan yang lebih santai. Semakin seru, karena kedainya menyediakan aneka games yang bisa dipakai para pengunjung di sana.

Kedai ini tetap buka di tengah pandemi, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang diatur pemerintah. Kedai Lokalti ini juga menawarkan pesan antar untuk beberapa menu tertentu.

Baca Juga : 5 Jenis Teh yang Cocok Dinikmati Pagi Hari



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com