Sajian Lezat Imlek

5 Minuman Khas Imlek yang Populer, Ada Teh Krisan hingga Baiju

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 12 Feb 2021 12:00 WIB
minuman khas imlek Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

3. Teh Krisan

Dalam perayaan Imlek ada tradisi minum teh. Biasanya teh yang digunakan adalah oolong. Tapi, bisa juga menggunakan jenis teh lain yaitu teh krisan.

minuman khas imlekminuman khas imlek Foto: iStock

Teh krisan merupakan teh yang terbuat dari bunga krisan. Tak heran kalau teh krisan ini beraroma wangi yang ketika dihirup bisa memberikan efek aroma terapi, yaitu rileks.

Teh krisan ini juga umum dijadikan sebagai pengobatan tradisional orang China. Bahkan sudah sejak berabad-abad lalu, tepatnya saat dinasti Song Tiongkok.

4. Baiju

Baiju juga minuman khas Imlek yang populer. Baiju juga dikenal dengan sebutan arak putih. Minuman ini termasuk ke dalam minuman keras dengan aroma yang menyengat.

Baiju terbaut dari sulingan sorgum, gandum, atau beras. Biasanya orang China mengonsumsi minuman ini untuk menghangatkan tubuh. Cocok sekali untuk Imlek yang biasanya memiliki cuaca dingin karena sering turun hujan.

5. Mai Dong

Satu lagi minuman khas Imlek yaitu mai dong. Mai dong dikenal sebagai minuman berenergi yang kemasannya berwarna biru. Minuman berenergi ini terbuat dari rempah-rempah khas China dengan campuran rasa buah.

Biasanya orang China mengonsumsi mai dong untuk membuat tubuhnya menjadi lebih segar. Banyak orang China yang mempercayai kalau minuman mai dong ini bisa menyehatkan tubuh.

Baca Juga: Kuaci dan Manisan Jadi Camilan Imlek Pembawa Keberuntungan

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pesan Menag Yaqut di Tahun Baru Imlek"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com