Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu

Riska Fitria - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 07:00 WIB
Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu Foto: Twitter @alexandermatius
Jakarta -

Seorang pengguna Twitter mengeluhkan kualitas beras dari bantuan sosial (bansos). Berasnya berwarna hitam dan dipenuhi dengan kutu.

Bantuan sosial atau disebut juga bansos merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin atau yang paling terdampak secara sosial ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Pendistribusian bansos ditangani langsung oleh Menteri Sosial. Bansos tersebut berisi bahan-bahan sembako untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari mie instan, susu, sarden, biskuit, hingga beras.

Baca Juga : Daftar Bansos yang Dilanjut sampai 2021, dari BLT sampai Sembako

Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan BerkutuWaduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu Foto: Twitter @alexandermatius



Sayangnya tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kualitas bahan sembako yang buruk. Hal tersebut dikaitkan dengan kasus korupsi yang menjerat mantan Menteri Sosial,Juliari Batubara.

Mengutip dari detikNews, Juliari Batubara mengambil cashback senilai Rp 10.000 per paket bansos. Maka tak heran bahan sembako bansos dipilih yang berkualitas buruk agar harganya lebih murah.

Seperti yang dialami oleh pengguna Twitter dengan akun @alexandermatius. Lewat cuitannya (08/02) ia menyampaikan rasa kecewa terhadap kualitas beras dari bansos yang diterimanya.

Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan BerkutuWaduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu Foto: Twitter @alexandermatius

"Beras bansos kayak gimana? Nih kayak gini. Gak kecampur apapun, warnanya beda. Tiap hari juga harus dijemur buat ngilangin kutunya," tulisnya.

"Udah emang keparat itu yang korupsi bansos. Mau satu orang atau satu organisasi ikutan, yang terlibat sama yang restuin, memang bukan manusia," tulisnya lagi.

Dalam unggahan tersebut, ia juga membagikan foto yang memperlihatkan penampilan nasi dari beras bansos. Warnanya hitam. Selain itu, aromanya juga tak sedap. Ia mengatakan rasanya seperti gabah.

"Tadi udar dijemur biar kutunya hilang. Tapi warnanya kayak diguyur kuah apa gitu. Bau kayak gabah kali ya," tulisnya.

Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan BerkutuWaduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu Foto: Twitter @rasella_rahman

Unggahan tersebut pun menjadi viral dan mengundang berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang menyindir tindakan korupsi yang pernah dilakukan oleh Juliari Batubara.

"Azab yang cocok buat pemerintah yang korupsi dan kasih bansos berkualitas buruk kayak gini apa ya enaknya?," tulis netizen.

"Ya Ampun segitunya banget sih demi memuaskan diri sendiri sampai-sampai rakyat dikasih makanan kayak gitu. Kayaknya anjing pun gak mau makannya," tulis netizen lainnya.

Waduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan BerkutuWaduh! Netizen Ini Dapat Beras Bansos yang Hitam dan Berkutu Foto: Twitter @alexandermatius

Sementara itu ada pula netizen yang mengalami hal serupa. Diceritakan lewat akun @rasella_rahman, ia juga bercerita bahwa dirinya mendapat beras bansos berkualitas buruk.

"Nih masih ada beras bansos 10 kg di rumah. Gak bisa kemakan, cuci 10 kali airnya masih item. Dicoba masak gak tau lagi rasanya apa. Bener-bener gak bisa dimakan," tulisnya.

Menanggapi kasus korupsi yang menjerat mantan Menteri Sosial Jualibatura, kini Menteri Sosial Indonesia telah diganti menjadi Tri Rismaharini. Dalam programnya ia mengusulkan untuk mendistribusikan bansos berupa uang tunai.

Baca Juga : Nagita Slavina Bingung Ternyata Ada 3 Jenis Sarden Bansos



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Ungu Ayam Bakar di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com