Sajian Lezat Imlek

5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 19:30 WIB
5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa Foto: iStock/ CNY Net/Site
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek


4. Jiaozi dan Kuping

5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa Foto: iStock/ CNY Net/Site

Dumpling merupakan jenis hidangan pangsit yang cukup populer saat Imlek. Disebut juga sebagai jiaozi, makanan yang satu ini dianggap dapat membawa keberuntungan. Bentuknya disebut mirip seperti koin emas.

Selain itu jiaozi juga punya mitos yang cukup menarik. Menurut kisah kepercayaan orang China, dulu ada dewi bernama Nuwa.

Dewi Nuwa membuat manusia dari tanah liat. Saat itu ia sadar bahwa bagian kuping manusia akan pecah jika terkena udara dingin. Dari sana ia menjahit bagian kuping manusia, sehingga tidak akan jatuh atau pecah.

Dari sana lah banyak orang yang mulai membuat adonan seperti bentuk kuping. Bagian dalamnya mereka isi dengan daging dan sayuran. Muncul lah jiaozi yang terkenal hingga sekarang.

5. Makanan Orang Miskin

5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa5 Mitos Makanan Imlek Ini Berkaitan dengan Monster dan Dewa Foto: iStock/ CNY Net/Site

Perayaan Imlek syarat dengan tradisi dan kepercayaan. Ada beberapa makanan yang dianggap dapat membawa kesialan atau nasib buruk di tahun yang akan datang.

Seperti mitos yang melingkupi bubur. Sejak dulu bubur dianggap sebagai makanan murah, yang biasa dimakan oleh orang-orang miskin. Meski kini bubur sudah naik tingkat dan populer, tapi menyajikan bubur saat Imlek masih dihindari.

Orang-orang percaya bahwa bubur bisa membawa pengaruh buruk, atau membawa hal-hal yang kurang baik. Karenanya orang-orang tidak mau menyantapnya di awal tahun baru.

Baca Juga: 5 Makanan Simbol Sial dan Kematian Ini Dilarang Disajikan saat

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Gemasnya Hampers Bakpao Khusus Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com