Sajian Lezat Imlek

5 Makanan Khas Imlek yang Wajib Disajikan Beserta Maknanya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 12:00 WIB
makanan khas imlek yang wajib ada beserta maknanya Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

3. Mie Panjang Umur

makanan khas imlek yang wajib ada beserta maknanyamakanan khas imlek yang wajib ada beserta maknanya Foto: iStock

Tradisi menyantap siu mie sudah dijalankan turun-temurun. Siu mie sendiri adalah mie goreng. Makanan ini wajib disajikan dalam perayaan Imlek karena memiliki makna positif.

Siu mie rasanya gurih dan kenyal. Biasanya disajikan dalam ukuran yang lebih panjang dari mie goreng pada umumnya. Ukurannya yang panjang dipercaya memiliki makna umur yang panjang, seperti sebutan mie tersebut.

Selain umur panjang, menyantap siu mie juga dipercaya memiliki makna kelancaran rezeki yang lebih berlimpah dari tahun sebelumnya. Jadi, bagi siapapun yang menyantap siu mie atau mie panjang umur saat Imlek niscaya mendapatkan kehidupan abadi dan rezeki melimpah.

4. Yee Sang

makanan khas imlek yang wajib ada beserta maknanyamakanan khas imlek yang wajib ada beserta maknanya Foto: iStock

Perayaan Imlek akan semakin meriah kalau menyantap yee sang bersama keluarga. Yee sang atau yu sheng adalah salah satu makanan wajib dalam tradisi Imlek. Makanan ini bisa disebut sebagai salad karena terbuat dari sayuran dan ikan.

Yee sang disajikan dengan warna-warni yang cantik. Jumlah bahan yang digunakan 8-17 jenis, karena angka itu dianggap sebagai lambang keberuntungan dalam budaya China. Di dalamnya terdapat ikan mentah, biasanya menggunakan salmon atau tuna.

Untuk sayurannya ada irisan wortel, lobak, rumput laut, jeruk bali, hingga pangsit. Bumbunya meliputi saus plum, minyak, hingga biji wijen. Semua bahan ini memiliki makna keberuntungan, rezeki melimpah, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Patung Dewa di Kelenteng Hik Tek Bio Ciamis Dibersihkan Jelang Imlek"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com