Binaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAW

Devi Setya - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 05:00 WIB
Binaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAW Foto: youtube Gugun HG
Jakarta -

Berbekal panduan yang dikemukakan dr. Zaidul Akbar, seorang binaragawan mencoba mengikuti pola makan ala Rasulullah SAW. Apa saja menunya?

Pria kekar bernama Gugun ini dikenal sebagai binaragawan sekaligus youtuber. Badan kekarnya menandakan ia sangat memperhatikan pola makan serta olahraga fisik yang maksimal.

Lewat channel youtubenya Gugun HG, ia mencoba menerapkan pola makan sehat ala Rasulullah SAW. Video berdurasi 14 menit ini menunjukkan aksi makan Gugun, lengkap dengan porsi dan pilihan menunya.

Binaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAWBinaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAW Foto: youtube Gugun HG

Sebagai makanan pertama alias menu sarapan, Gugun menyantap seporsi sayuran dan sumber protein. Di piringnya ada tomat, wortel, mentimun dan dua butir telur ceplok. Komposisi makan pagi ini 3/4 piringnya diisi dengan sayuran.

Selanjutnya untuk makan siang, Gugun memilih menyantap menu yang berbeda. Panduan makan ini tidak mengandung nasi, jadi sumber karbohidratnya berasal dari ubi ataupun kentang.

Gugun makan siang dengan menu ubi rebus, tomat, alpukat, nanas dan dada ayam panggang. Ia juga menyantap 3 butir kurma sebagai sunnah Rasulullah SAW yang setiap harinya menyantap 7 butir kurma.

"Jangan mengasup glukosa terlalu banyak. Glukosa memang berfungsi untuk energi tapi kalau kelebihan maka akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Ini penyebab perrut buncit," kata Gugun di sela-sela videonya.

Selama mengikuti diet ini juga Gugun menyarankan konsumsi air putih yang banyak. Sebagai solusi, Gugun memilih minum infused water dengan aneka buah agar rasanya enak dan segar.

Dalam diet ala Rasulullah ini, ada 4 poin penting yang harus jadi perhatian. Pertama menu makanan tidak ada yang digoreng, tidak ada gula, tidak menyantap nasi putih dan tidak makan makanan yang berbahan tepung.

Binaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAWBinaragawan Ini Coba Ikuti Pola Makan Rasulullah SAW Foto: youtube Gugun HG

Di malam hari pukul 19.00, Gugun menikmati camilan. Pilihan camilannya ini adalah tiga butir kurma dan segelas ramuan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) yang resepnya kerap dibagikan oleh dr. Zaidul Akbar.

"Jeruk nipis, jahe, kunyit, batang serai, semua digeprek lalu direbus. Nanti airnya disaring, kita minum," kata Gugun.

Terakhir, Gugun menikmati menu makan malamnya. Kali ini ada bayam, tomat, nanas, alpukat dan satu butir kurma. Menu ini sekaligus jadi makanan penutup rangkaian diet satu hari ala Rasulullah.

Gugun mengatakan pola makan seperti ini juga bisa diikuti oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Tertarik mencoba? Untuk pilihan menunya tidak terpatok seperti yang ditunjukkan Gugun saja. Kamu bisa menggunakan berbagai sayuran dan buah lain.



Simak Video "Masak Masak: Resep Ramen Topping Mapo Tofu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com