Harga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti Permen

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Feb 2021 11:30 WIB
Harga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti Permen Foto: Facebook Rob Machado
Jakarta -

Harga petai cukup mahal. Pria yang satu ini punya ide cemerlang. Salah satunya dengan menjual petai per butir yang dibungkus mirip seperti permen.

Walau punya aroma yang cukup tajam, tapi petai tetap jadi primadona di Indonesia hingga Malaysia. Sama seperti di Indonesia, petai di Malaysia juga digunakan untuk campuran berbagai masakan. Mulai dari tumisan sampai sambal.

Baca Juga: Keren! Spider-Man Ini Setiap Hari Jualan Petai di Pasar

Namun kisaran harga petai terbilang cukup tinggi. Di Malaysia sendiri kisaran 1 kg petai bisa mencapai RM 60 (Rp 207.694). Harganya hampir sama dengan kisaran daging sapi di pasaran.

Harga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti PermenHarga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti Permen Foto: Facebook Rob Machado

Untuk menyiasati hal ini, seorang pengguna Facebook bernama Rob Machado memutuskan untuk menjual petai eceran.

Dilansir dari RedChili21 (07/02), Rob menjelaskan bahwa semua orang tetap bisa makan petai dengan harga murah.

"Siapa yang tak punya uang untuk beli petai di musim ini? Saya ada nih petai eceran, dijual perbijik saya bungkus satu-satu. Harganya satu biji harganya 30 sen (Rp 1.100). Kalau beli dua biji jadi 50 sen saja (Rp 1.800)," tulis Rob di Facebooknya.

Tak hanya bisa dibeli secara eceran, Rob juga punya agen petai yang tersebar di wilayah Malaysia. Hanya di Perlis yang tidak ada agen petainya.

Harga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti PermenHarga Petai Mahal, Pria Ini Jual Petai per Butir Seperti Permen Foto: Facebook Rob Machado

"Bisa dikirim menggunakan Poslaju, biayanya sekitar RM 8 (Rp 27.700)," lanjutnya.

Untuk menarik perhatian para pembeli, tak lupa Rob mengunggah beberapa foto petai eceran miliknya. Cara membungkusnya juga cukup unik.

Rob menggunakan mesin vacuum sealer, yang dapat merapatkan plastik. Setelah petai-petai itu ia kupas dari kulitnya, Rob memasukkannya ke dalam plastik kecil, lalu merekatkan dengan mesin vacuum hingga rapat.

Tujuannya agar kualitas dan kebersihan petai terjaga. Serta kemasan kedap udaranya membuat petai tidak cepat layu selama di perjalanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com