Tren Mie Instan Korea & Jepang

5 Cara Makan Mie Instan ala Orang Korea Ini Bisa Kamu Contek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 06 Feb 2021 13:00 WIB
perbedaan ramen dan ramyeon Foto: the kitchn
Jakarta -

Mie instan juga jadi makanan favorit di Korea Selatan. Kamu bisa meniru cara makan mie instan ala orang Korea ini karena bisa membuat rasa mie jadi lebih enak!

Selain Jepang, produk mie instan dari Korea Selatan juga mendunia. Mie Korea hadir dengan berbagai pilihan rasa, namun yang paling terkenal di Indonesia adalah varian super pedas keluaran Samyang. Ada juga produk mie instan kuah keluaran Shin Ramyun yang legendaris.

Dalam menikmati mie instan, orang Korea punya cara sendiri. Cara ini unik dan bisa kamu tiru kalau ingin mencoba sensasi baru makan mie instan.

Cara paling utama adalah memasak mie instan di panci khusus bernama yangeun nambi. Setelah itu orang Korea juga kerap menambahkan bahan-bahan yang membuat rasa mie instan jadi lebih enak.

Berikut detikfood merangkum 5 cara makan mie instan ala orang Korea yang bisa kamu jadikan inspirasi:

1. Cara masak mie instan Korea

5 Cara Makan Mie Instan ala Orang Korea Ini Bisa Kamu Contek5 Cara Makan Mie Instan ala Orang Korea Ini Bisa Kamu Contek Foto: YouTube Koki Korea

YouTuber Koki Korea (12/8/20) yang bisa berbahasa Indonesia memberi tahu cara masak mie instan ala orang Korea. Pertama, siapkan daun bawang segar. Bagian hijau dipotong serong dan tipis, sementara yang putih dipotong tipis dan lurus.

Lalu taruh panci di kompor, beri sedikit minyak dan masukkan bagian putih daun bawang. Tumis sebentar sampai mengeluarkan minyak. Kemudian masukkan bumbu bubuk mie instan. Kalau suka pedas, Koki Korea juga menyarankan penambahan bubuk cabai.

Setelah itu masukkan 100 ml susu. "Campur dan rebus," katanya. Setelah mendidih, masukkan bubuk sayuran kering dari mie instan. Setelah mendidih, masukkan lagi 100 ml susu.

Jika sudah mendidih sempurna baru masukkan mie instan. "Tambah air putih 300 ml," ujarnya. Rebus sampai mienya matang sempurna. Aduk sesekali lembaran mie supaya teksturnya lebih kenyal.

Saat campuran mie sudah mendidih, matikan kompor, dan masukkan telur yang sudah dikocok. "Tutup 1 menit," kata Koki Korea. Setelah itu bukan panci mie dan masukkan bagian hijau daun bawang yang sudah dipotong di awal tadi.

Mie instan Korea pun siap dinikmati. Terlihat mienya kenyal, kuahnya lembut, dan creamy. "Wanginya dari bawang sangat enak," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com