Penting! 5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 18:00 WIB
5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/DONTREADWELL

4. Manfaatkan kursi

5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/DONTREADWELL

Teknik ini sudah digunakan sejak lama, kamu bisa mengatasi masalah tersedak makanan dengan bantuan kursi atau benda lain yang kokoh dan bisa jadi tumpuan. Bungkukkan badan di kursi atau meja kokoh.

Kepalkan tangan lalu tekan perut dengan kuat dan cepat. Cara ini efektif untuk mengeluarkan sumbatan makanan. Kamu juga bisa membantu dengan memaksakan diri untuk batuk. Meskipun terasa sakit tapi sumbatan makanan akan cepat keluar sebelum keadaan semakin berbahaya.

5. Tetap tenang

Ketika seseorang tidak bisa bernapas, tentu akan membuatnya otomatis menjadi panik. Upayakan diri untuk tetap tenang karena semakin panik, tubuh akan makin sulit bernapas. Ditambah lagi adanya sumbatan di saluran napas yang membuat pasokan oksigen makin terbatas.

Dalam kondisi panik, orang akan sulit berpikir cenderung banyak gerak. Hal ini justru menjadikan kondisi semakin bahaya. Tetaplah tenang, konsentrasi penuh dan gunakan tenaga untuk batuk agar makanan yang menyumbat cepat keluar. Jangan sungkan meminta bantuan orang sekitar untuk memberi pertolongan. Tentu orang yang membantu ini juga tak boleh dalam keadaan panik.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com