Penting! 5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 18:00 WIB
5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/DONTREADWELL

2. Beri tepukan pada punggung

5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/DONTREADWELL


Jika kamu melihat orang yang tersedak, bantulah dengan cara menepuk bagian punggungnya. Jangan ragu untuk menepuk punggung secara perlahan namun dengan dorongan agak kuat.

Sebelum mulai menepuk punggung, condongkan tubuh orang yang tersedak lebih dulu. Pukul lima kali di bagian punggung menggunakan tangan. Lakukan cara ini hingga makanan yang menyumbat bisa keluar dari tenggorokan.

3. Menekan ulu hati

Langkah selanjutnya yang bisa diterapkan yakni menekan ulu hati. Teknik ini dikenal sebagai Heimlich maneuver atau abdominan thrusts. Caranya dengan menekan bagian ulu hati orang yang tersedak makanan

Posisikan tubuh di belakang orang yang tersedak makanan, kemudian peluk bagian pinggangnya dengan erat. Kepalkan salah satu tangan tepat di bagian ulu hati lalu tarik kencang kepalan tangan tersebut. Usahakan melakukannya dengan hentakan kuat agar sumbatan makanan cepat terdorong keluar dari saluran pernapasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com