Pembeli Durian Marah Sampai Balikkan Meja, Didenda Rp 31 Juta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 18:30 WIB
Pembeli Durian Marah Sampai Balikkan Meja, Didenda Rp 31 Juta! Foto: Mothership SG
Jakarta -

Mencari durian yang rasanya pahit, pria ini menyambangi sebuah gerai durian. Namun karena kesal dengan sikap penjual, pria ini marah-marah dan lempar meja!

Rasa durian yang istimewa selalu membuat penggemarnya ketagihan. Setiap penggemar durian pun memiliki selera masing-masing.

Ada yang suka durian dengan rasa manis penuh dan ada yang justru mencari rasa sedikit pahit. Salah satunya pria asal Singapura, Wei Baode.

Dikutip dari Mothership SG (4/12), Wei menyambangi gerai durian di Yishun, Singapura pada 6 Juli 2020. Ia datang sekitar pukul 4 sore untuk membelikan ayahnya durian.

Wei lantas menghampiri pegawai wanita di sana. Ia bilang ingin membeli durian pahit, namun pegawai itu bilang durian di tempatnya memiliki rasa yang bervariasi.

Pegawai juga tidak bisa menjamin kalau durian yang ia pilih akan terasa pahit. Wei lantas minta supaya ia bisa mencicipi rasa durian lebih dulu sebelum membelinya.

Demi Beli Durian, Pria Ini Ngebut Bawa Mobil 160 Km/Jam!Foto: Getty Images/iStockphoto/Darwel

Namun permintaan pria 48 tahun ini ditolak oleh pegawai. Ia tidak membolehkan adanya tes rasa durian di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai solusi, pegawai menyarankan agar Wei membeli durian dan mencobanya di tempat. Wei pun setuju dan akhirnya beli satu durian.

Puas dengan rasa durian yang dipilih, ia kembali meminta pegawai untuk memilihkan durian lainnya. Ia ingin yang rasanya persis dengan durian pertama.

Lagi-lagi pegawai mengatakan ia tidak bisa menjamin rasa durian pilihannya akan kembali pahit. Tapi ia setuju membeli durian kedua.

Baca Juga: Jorok Banget! Wanita Ini BAB di Restoran dan Lempar Kotorannya ke Kasir

Ketika pegawai sibuk memasukkan durian ke dalam kotak, Wei menyerahkan uang untuk membayar durian tersebut pada pegawai lainnya. Pegawai itu juga sudah menyerahkan uang kembalian di atas meja, namun Wei tidak menyadarinya.

Durian Musang King Diborong ChinaFoto: iStock

Saat Wei kembali meminta uang kembalian itu, pegawai hanya menunjuk ke atas meja. Respons ini rupanya membuat Wei kesal.

Ia mencurigai kalau pegawai itu memberi uang kembalian dengan cara dilempar ke atas meja begitu saja. Pegawai itupun membantah, namun hal ini malah kembali memancing emosi Wei.

Ia sangat marah, sampai-sampai membalikkan meja dan menjatuhkan banyak kotak durian. Durian yang sudah jatuh ke tanah pun tidak bisa lagi dijual.

Selain itu, tindakan Wei mencederai fisik pegawai durian dan ponsel pegawai durian yang ada di atas meja pun ikut terlempar dan hancur saat jatuh ke tanah.

Melihat kejadian ini, pedagang kaki lima lain yang ada di dekat tempat kejadian berusaha melerai.

Wei juga dinasehati temannya untuk menyelesaikan masalah dengan damai. Wei kemudian memiliki niat memberi kompensasi pada penjual durian.

durian black thornFoto: iStock

Meski begitu, proses hukum pada Wei tetap berjalan. Wei menghadapi tiga dakwaan, termasuk perilaku ceroboh yang menyebabkan cedera tubuh pada orang lain, melakukan kerusakan, dan pelanggaran Undang-Undang Perlindungan dari Pelecehan (POHA).

Wei lantas mengakui dua dakwaan dan dijatuhi hukuman denda sebesar S $ 3.000 atau sekitar Rp 31,5 juta pada 2 Februari.

Baca Juga: Waduh! Protes Durian Kurang Enak, Pria Ini Nangis Ditampar Durian oleh Penjual

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com