Rekomendasi Tempat Makan

Sarapan Enak Nasi Gandul dan Bubur Ayam di Jakarta Barat

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 08:00 WIB
nasi gandul Foto: detikFood
Jakarta -

Jakarta Barat punya banyak tempat sarapan enak. Kamu bisa sarapan nasi gandul populer, mie ayam legendaris sampai bubur ayam yang enak.

Melipir sedikit ke arah Jakarta Barat, ada banyak tempat kuliner enak yang buka sejak pagi hari. Bahkan restoran hingga tempat makan ini jadi spot sarapan favorit.

Pilihan menu sarapannya juga beragam. Seperti nasi gandul khas kota Pati racikan Bu Endang, yang sudah buka sejak jam 8 pagi.

Kemudian ada juga Bubur Ayam Tangki 18 yang legendaris. Terkenal dengan bubur gaya China yang masih klasik dan autentik.

Berikut lima pilihan menu sarapan yang enak di sekitar Jakarta Barat.

Baca Juga: 5 Kuliner di Pasar Muara Karang, Ada Cakwe dan Nasi Tim Enak

1. Bubur Ayam Tangki 18 - A Guan

Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus DiadukBubur Ayam Foto: iStock

Sudah eksis sejak puluhan tahun lalu, tempat makan Bubur Ayam Tangki 18 'A Guan' ini buka dari jam 6 pagi. Meski hanya kedai sederhana, tapi racikan bubur gaya China selalu diantre pelanggan setia.

Bubur ayam di sini disajikan dengan topping yang melimpah. Seperti potongan cakwe goreng yang renyah, suwiran daging ayam yang melimpah, bawang goreng hingga seledri.

Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi, paduan gurih sedap dari bubur dan tambahan cakwenya bikin nagih. Tersedia juga lauk pelengkap lainnya seperti telur ayam kampung, sekba, sate-satean hingga kerupuk tahu. Kisaran harga per porsinya sekitar Rp 25.000.

Oh ya, jam buka Bubur Ayam Tangki 18 terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Sesi kedua buka dari jam 6 sore sampai jam 12 malam.

Bubur Ayam Tangki 18 "A Guan"
Jl. Mangga Besar I No.20 B.
Taman Sari, Jakarta Barat.
Telp: (021) 6499963

2. Nasi Gandul Bu Endang

Nasi gandul, kuliner khas Pati. Disebut nasi gandul karena dulunya dipikul dagangannyaNasi gandul, kuliner khas Pati. Disebut nasi gandul karena dulunya dipikul dagangannya Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Kalau kangen sarapan nasi gandul khas Pati yang enak. Bisa mampir ke rumah makan Nasi Gandul Bu Endang di Pesanggrahan. Tempat makan yang satu ini setiap pagi buka dari jam 8.

Ciri khasnya terletak pada paduan kuah gabungan rawon dan gulai. Serta potongan daging sapi dan nasi putih yang mengenyangkan. Selain itu pilihan lauknya juga banyak, ada tempe goreng, tempe bacem, hingga tahu walik.

Selain nasi gandul juga ada menu sarapan tradisional lainnya. Seperti nasi ayam khas Semarang, soto ayam kemiri, sampai nasi rawon.

Nasi Gandul Bu Endang
Jl. Pesanggrahan No. 14B, Puri, Jakarta Barat.
Telpon: 021 58907087,

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com