Tren Mie Instan Korea & Jepang

Cup Noodles, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 16:00 WIB
Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971 Foto: detikfood
Jakarta -

Membicarakan mie instan Jepang, tak bisa meninggalkan Cup Noodles. Produk mie instan cup ini diproduksi Nissin sejak tahun 1971.

Sejarah mie instan berawal dari produk buatan Momofuku Ando pada tahun 1958. Ia membuat mie instan pertama di dunia dengan merek Chicken Ramen.

Mie instan ini disebut-sebut sebagai mie ajaib. Mie ini diciptakan Ando karena melihat banyak orang-orang kelaparan di Jepang setelah akhir Perang Dunia II. Ia membuat produk makanan yang enak dan praktis dinikmati.

Setelah sukses dengan Chicken Ramen, pada tahun 1971 Ando menciptakan produk mie instan bernama Cup Noodles.

Lewat perusahaan yang didirikannya, Nissin Foods, kepopuleran mie instan cup ini akhirnya sampai ke Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Thailand, hingga Indonesia.

Cup Noodles awalnya untuk pasar Amerika Serikat

Momofuku Ando, pencipta mie instan pertama di duniaMomofuku Ando, pencipta mie instan pertama di dunia Foto: Nissin Foods Indonesia

Dikutip dari situs resmi Nissin Food (4/2), ternyata Cup Noodles awalnya tercipta saat Ando mengunjungi Amerika tahun 1966. Saat itu ia melihat orang Amerika lebih penasaran makan mie di cup dengan garpu, alih-alih menggunakan mangkuk dan sumpit.

Dari sinilah akhirnya Cup Noodles diproduksi. Lalu pada tahun 1972, bisnis mie instan Ando di Amerika Serikat berkembang. Ia mendirikan pabrik di Gardena, California untuk memproduksi varian Top Ramen.

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia

Varian rasa Cup Noodles

Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971 Foto: detikfood

Varian original Cup Noodles diciptakan tanpa tambahan MSG. Mengenai pilihan rasanya, Cup Noodle di pasar global tersedia dalam pilihan rasa ayam, daging sapi, udang, udang pedas, udang pedas plus jeruk nipis, ayam pedas, dan hearty chicken.

Di Indonesia, Cup Noodles yang banyak tersedia di supermarket dan market place adalah varian kaldu ayam dan kaldu sapi. Kaldu ayam ditandai dari kemasan berwarna kuning, sementara kaldu sapi memiliki kemasan warna merah.

Dua varian Cup Noodles ini sudah mendapat sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Harganya mulai dari Rp 6 ribu - Rp 9 ribu per buah, tergantung tempat membelinya.

Mie instan cup ini memiliki keunggulan berupa cara menikmatinya yang sangat praktis. Cara baru ini bahkan hanya membutuhkan satu langkah. Detikfood pun tertarik membuktikan kenikmatannya.

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Cara menikmati Cup Noodles

Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971 Foto: detikfood

Kami hanya perlu menyobek kertas Cup Noodles sampai setengahnya terbuka. Setelah itu diisi air panas sampai setinggi mie dan diamkan sekitar 3 menit.

Terlihat mie instan ini sudah ditambahkan bumbu dan pelengkap di bagian atasnya. Cara ini membuat kami tak perlu repot menyobek bungkus bumbu atau minyak pelengkap seperti ketika menikmati produk mie instan cup lain.

Bumbunya berupa bumbu bubuk, potongan daging ayam atau sapi yang sudah dikeringkan, daun bawang, dan telur yang sudah di-dehydrated.

Setelah menunggu sekitar 3 menit, tekstur mie melunak, pertanda mie sudah matang. Kami lantas menikmatinya dengan garpu plastik kecil yang tersedia di dalam kemasan.

Cita rasa Cup Noodles

Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971Cup Noodle, Mie Instan Cup Jepang Legendaris Sejak 1971 Foto: detikfood

Kedua varian Cup Noodles ini menebar aroma gurih kaldu yang menggugah selera. Bentuk mienya agak pipih dan lebar dengan tekstur yang sangat lembut.

Pada varian Cup Noodles kaldu ayam, gurihnya terasa lebih kuat dan kaya rasa. Tekstur kuahnya juga tergolong kental dengan warna kekuningan.

Lalu pada varian Cup Noodles kaldu sapi, gurihnya tidak sekuat varian kaldu ayam. Tekstur kuahnya tidak terlalu kental dengan warna bening kecokelatan. Rasanya lebih 'clean' di lidah.

Sebagai penggemar mie instan cup yang rasanya gurih kuat dan bertekstur kental, selera kami lebih cocok dengan Cup Noodles varian kaldu ayam. Isian mie yang banyak juga membuat produk ini mengenyangkan.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mie Instan Jepang Punya Rasa yang Bikin Nagih

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com