Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar'

ADVERTISEMENT

Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 03 Feb 2021 14:30 WIB
Pro Kontra Netizen Soal ‘McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar’
Foto: Twitter @Allenss_/@serpentfangs

Baca Juga: McD Sarinah, Gerai Pertama di Indonesia Ada Kemungkinan Buka Lagi

Cuitan @Allenss_ ini viral hingga mendapat tanda suka lebih dari 50 ribu kali dan di-retweet lebih dari 12 ribu kali. Salah satu yang me-retweetnya adalah @serpentfangs.

Ia mengatakan, "Iya betul, restoran memang tempat makan, tapi outlet McDonald kebanyakan dinormalisasi sebagai ruang belajar sama pelajar/mahasiswa. Kenapa? karena pemerintah kita belum menyediakan perpustakaan umum/ruang belajar publik yang layak & accessible macam outlet McDonald."

Unggahannya ini juga tak kalah viral dan menuai banyak pro dan kontra dari netizen. Mereka menuangkan pendapatnya masing-masing.

Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar'Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar' Foto: Twitter @Allenss_/@serpentfangs

"Setuju. Apalagi McD dan Sbux (Starbucks) biasa ada di dekat kampus. Wifi kenceng, AC, dan makanannya murah enak banget buat dijadikan tempat belajar. Emang di Indonesia, co working space/study space tuh hampir ga ada. Perpus kampus pun buka maks jam 19:00," kata @laraafani.

Pernyataan pro lainnya datang dari @aldyfrn. Ia menilai lokasi McD yang strategis membuatnya jadi pilihan ideal banyak pelajar untuk memanfaatkannya juga sebagai tempat belajar.

"Pikirkan juga soal reach. Gw mahasiswa gak bakal belain naik motor berkilo2 meter buat ngerjain tugas doang, mending ke McD yang cuma 100 meter dari kampus...," katanya.

Meski begitu, banyak juga yang tidak setuju dengan pernyataan @serpentfangs. Mereka menilai pemerintah sebenarnya telah menyediakan fasilitas berupa perpustakaan umum atau ruang belajar publik.

"Perpusda (perpustakaan daerah) gak dipake? Padahal udah dibikin senyaman mungkin. Jangan apa2 salah pemerintah!! itu mah lu nya aja yg ga mau nyari tau dan emang maunya aja di MCD biar kelihatan berkelas," kata @sintiadkdk.

Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar'Pro Kontra Netizen Soal 'McD Tempat Makan, Bukan Tempat Belajar' Foto: Twitter @Allenss_/@serpentfangs

Ia juga memberi contoh. Misalnya pemerintah daerah Kabupaten Tegal yang menyediakan coworking space bernama Trasa Coworking. "Aksesnya gratis, AC, Wi-Fi, nyaman, gak berisik, desain interior juga modern gini," tuturnya.

Lalu ada @miapixky yang bilang pemerintah kota Surabaya juga sudah menyediakan coworking space bersama Koridor.

"Tempatnya di Siola, di tengah kota. Aksesnya ke sini gratis, full wifi, buka 24 jam, disediakan komputer jg buat yg gak bawa laptop. Juga disediain jualan hasil UMKM Sby jadi ga takut kelaparan waktu belajar," tulisnya.

Nah, bagaimana pendapatmu? Apakah kamu tim yang pro atau kontra dengan pemanfaatan McD sebagai tempat belajar disamping tempat makan?

Baca Juga: Videonya Viral, Ini Nasib Pelayan yang Lakukan Penipuan di McDonald's Senayan


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT