Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' Ini

Riska Fitria - detikFood Minggu, 31 Jan 2021 17:00 WIB
Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu Jebakan Batman Ini Foto: TikTok @bramantyumma_/iStock
Jakarta -

Terkesan murah, tetapi terkadang makan di angkringan bisa membuat kita lebih boros. Hal tersebut diungkap oleh pengguna TikTok lengkap dengan tips hematnya.

Angkringan adalah sebutan orang Yogyakarta dan Solo untuk gerobak penjual nasi kucing dan minuman tradisional khas Jawa. Kata 'Angkringan' diambil dari bahasa Jawa yang artinya tempat jualan makanan keliling.

Namun, kini angkringan banyak yang sudah mangkal di pinggir jalan. Makanan yang ditawarkan berupa nasi kucing dan berbagai lauk pauk. Sejak dulu hingga sekarang, angkringan identik dengan makanan rakyat jelata.

Baca Juga : 5 Angkringan Enak di Jakarta, Puas Makan Nasi Kucing hingga Aneka Sate

Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' IniTips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' Ini Foto: iStock

Itu karena tempatnya yang sederhana dan menu makanan yang ditawarkan sangat murah. Satu porsi nasi kucing biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.000. Meski murah, tapi sadarkah kalau makan di angkringan juga bisa membuat lebih boros.

Hal tersebut diungkap oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @bramantyumma_. Dalam videonya, ia mengatakan bahwa sering mengamati orang-orang yang suka makan di angkringan.

Ia menyebut bahwa makan di angkringan bisa jadi boros, karena ada satu jenis lauk yang menjadi jebakan. Lauk tersebut adalah sate-satean, seperti sate usus, sate telur, sate ceker, sate kulit dan lainnya.

Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' IniTips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' Ini Foto: TikTok @bramantyumma_

"Hey kalian yang suka nongkrong di angkringan, pasti tahu ini kan, sate ini itu jebakan Batman," ujarnya dalam video (16/01).

Namin, bagaimana bisa sate merupakan jebakan? Pengguna TikTok tersebut menjelaskan biasanya satu tusuk sate di angkringan dibanderol dengan harga Rp 3.000. Harganya yang murah itu lantas membuat banyak orang terlena dan mengambil puluhan tusuk.

"Gini gini, sekarang misalnya makan nasi kucing sebungkus. Terus laukmu pasti ini, sate-satean pasti habisnya banyak. Gak kerasa tau-tau habis 10 tusuk. Padahal pertusuknya Rp 3 ribu," ujarnya.

Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' IniTips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' Ini Foto: TikTok @bramantyumma_/iStock

Dengan begitu kamu bisa menghabiskan Rp 30.000 ribu lebih untuk makan di angkringan. Jumlah tersebut sama seperti kamu makan di warung atau restoran biasa.

Lebih lanjut, pengguna TikTok itu lantas memberikan tips hemat saat makan di angkringan. Pertama adalah bertanya soal harga pada tiap varian menu yang ditawarkan.

Kemudian, pilihlah menu yang sekiranya dapat mengenyangkan perut. Namun, pastikan juga agar harga menu makanan tersebut ramah di kantong. Lalu jangan terlena dengan memesan sate-satean bertusuk-tusuk.

"Udah deh direm kalau pesen sate-satean," ujarnya.

Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' IniTips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' Ini Foto: TikTok @bramantyumma_/iStock

Dengan tips hemat tersebut, pengguna TikTok itu mengaku bisa menghemat hingga 50% setiap kali di angkringan. Videonya tersebut pun viral dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

"Angkringan lebih menakutkan daripada cafe. Waktu pergi ke angkringan cuma bawa yang seadanya habis itu ternyata uangnya nggak cukup," tulis netizen.

"Iyo mas bener, masa orang empat habis Rp 100 ribu padahal nasinya cuma ngambil empat bungkus. Sate-sateannya yang banyak," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Angkringan Abi Adnan: Nikmatnya Sego Kucing yang Sedep dan Murah Meriah



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Aneka Sate di Angkringan Legendaris Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com