Seserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai Pikulan

Devi Setya - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 17:30 WIB
Seserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai Pikulan Foto: tiktok @deedee
Jakarta -

Salah satu tradisi pernikahan unik bisa dilihat pada suku Sunda. Saat momen pernikahan, mempelai pria akan membawakan makanan dalam jumlah super banyak.

Tradisi upacara pernikahan di Indonesia memang beragam. Banyak yang unik dan menarik, termasuk saat orang Sunda menikah. Bawaan seserahannya seperti orang mau jualan.

Sebuah video yang diupload pengguna tiktok bernama @deedee menunjukkan betapa kompaknya masyarakat Sunda saat menghadiri momen pernikahan anggota keluarganya. Bukan hanya ramai yang mengantar, tapi bawaan seserahannya juga berlimpah.

Seserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai PikulanSeserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai Pikulan Foto: tiktok @deedee

Dalam video, sang mempelai pria mengajak keluarga dan tetangganya turut serta menghadiri momen pernikahannya. Uniknya, semua rombongan yang ikut ini membawa aneka barang dan makanan sebagai barang seserahan. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mirip orang berjualan.

Jika dilihat dari video, ada yang membawa dua tandan pisang, dua kantong besar kerupuk, dua kantong besar rengginang, sekeranjang buah hingga sutil dan alat masak. Belum lagi aneka kue dan jajanan pasar yang dibawa oleh para ibu-ibu rombongan besan.

Di sini juga terlihat beberapa pria yang membawa lemari, kasur, bantal dan guling. Menurut sang mengunggah video, pemandangan ini diambil di Jawa Barat tepatnya di perbatasan Garut dan Tasikmalaya.

Video yang sudah disaksikan lebih dari 900 ribu kali ini pun menarik perhatian banyak orang. Ribuan komentar netizen mengatakan tradisi ini seru dan sudah jarang ditemui di beberapa daerah, apalagi di kota.

Seserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai PikulanSeserahan ala Sunda, Bawa Pisang, Kerupuk sampai Rengginang Pakai Pikulan Foto: tiktok @deedee

"Ya Allah saya org sunda dari Rancaekek tapi baru pertama kali liat yg bawa banyak bgt astagfirullah sagala dibawa," kata netizen.

"Ya ampun sekarang udah jarang banget kaya gini padahal dulu pas masi bocil sering ngikut nganterin beginian," beber netizen yang punya pengalaman sama

"Hehehe sama kaya di jawa juga sih seruu kalo ikut seserahan begini. Apalagi ada kambing nya fix ada adegan di serudug pasti," sahut yang lain.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, mempelai pria biasanya membawa seserahan berupa barang, makanan atau uang untuk diserahkan kepada mempelai wanita. Jumlah dan jenis seserahan ini berbeda-beda. Makna dibalik seserahan ini adalah bentuk gambaran tanggung jawab dari pria kepada wanita yang dinikahinya.



Simak Video "Menengok Alifmart Store, Bisnis Pertanian Santri Milenial Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com