Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan?

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 12:30 WIB
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pecahkan Telur Foto: iStock
Jakarta -

Bentuk telur ayam yang umum adalah bulat agak lonjong. Lalu permukaannya mulus berwarna cokelat atau putih. Tapi ternyata ada juga telur dengan permukaan kulit bergelombang.

Di Indonesia mungkin terdengar cukup aneh jika sengaja memelihara beberapa ekor ayam untuk diambil telurnya, tapi hal ini tidak akan terdengar aneh di Australia.

Banyak penduduk yang sengaja memanfaatkan lahannya untuk memelihara beberapa ekor ayam yang dikhususkan untuk diambil telurnya. Telur dari ayam-ayam tersebut kemudian menjadi sumber pemenuhan kebutuhan telur di rumah mereka.

Tetapi, hal aneh justru terjadi pada sebuah telur ayam di salah satu rumah warga. Bahkan, seorang ibu dibuat bingung dengan bentuk telur didapatkan dari ayam-ayamnya.

Dikutip dari Daily Mail UK (21/1), seorang ibu asal Australia dibuat bingung dengan bentuk telur yang dikeluarkan oleh ayamnya. Ia kemudian mengunggah foto telur berbentuk aneh tersebut dan menemukan telur aneh lainnya dari pengguna Facebook yang membalas kirimannya.

Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan?Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan? Foto: Daily Mail

Terlihat telur yang dimilikinya memiliki permukaan yang tidak rata pada bagian kulit telur dan benar-benar terlihat garis bergelombang. Melalui akun Facebooknya ia bertanya kepada pengguna Facebook lainnya, apakah telur tersebut aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Baca Juga: Heboh Telur Isi Telur, Ada Juga Telur Bentuk Ulat dan Telur Berbelalai

Jawaban yang datang justru lebih mengejutkan. Banyak pengguna Facebook lain juga membalas kiriman tersebut dengan bentuk telur yang lebih unik lagi.

Menurut salah satu balasan pengguna Facebook, telur dengan permukaan yang tidak rata cukup sering terjadi. Ia mengatakan bahwa hal ini terjadi ketika ayam mengalami kesulitan untuk mengeluarkan telur dengan lancar dan membuat goresan pada kulit telur ketika telur masih lunak.

"Itu terjadi ketika ayam bertelur dan mengalami sedikit macet (saat dikeluarkan) ketika telur masih lunak," kata seorang pengguna Facebook.

"Ayam-ayam saya juga sering seperti ini ketika mereka masih muda," balas pengguna Facebook lainnya.

Menurut penuturan pengguna Facebook yang juga memelihara ayam di rumahnya, hal ini sangat umum terjadi. Terutama ketika ayam baru mulai bertelur.

Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan?Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan? Foto: Getty Images/iStockphoto/rawinfoto

Tidak ada masalah yang berarti dengan kualitas dan kelayakan telur untuk dimakan. Ini hanya sekadar perbedaan bentuk luar telur ayam dan tidak memengaruhi nutrisi atau kandungannya sama sekali.

"Beberapa bagian tubuh ayam mengandung kalsium yang tinggi, ini akan membentuk permukaan kulit telur yang bergelombang. Peningkatan kalsium ini bahkan akan meningkat pada sore hari," balas seorang pengguna Facebook lainnya yang cukup sering mengalami kejadian serupa.

Banyak yang mengatakan bahwa banyak kalsium atau protein yang diberikan pada pakan ayam dapat membantu ayam bertelur dengan lebih halus. Dengan kata lain pakan yang diberikan untuk ayam akan menentukan telur yang dihasilkan oleh ayam tersebut.

Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan?Viral Telur Ayam dengan Kulit Bergelombang, Apa Aman Dimakan? Foto: Daily Mail

Banyak pengguna Facebook yang membalas kiriman ini dengan bentuk-bentuk telur yang paling aneh yang pernah mereka temukan. Mulai dari telur berbentuk kacang hingga telur tanpa cangkang yang dikeluarkan oleh ayam yang mereka pelihara di rumah.

"Kamu akan menemukan segala macam hal yang luar biasa ketika memiliki peternakan ayam sendiri," kata akun Facebook Crazy Chook Lady.

Baca Juga: Kisah Telur Unik, Tertulis Lafaz Allah hingga Bentuk Bulat Sempurna

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com