Madinah Kota Tersehat di Dunia Punya 5 Makanan Enak

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 26 Jan 2021 11:00 WIB
Madinah Kota Tersehat di Dunia Punya 5 Makanan Enak Foto: iStock/Site Recipes
Jakarta -

Madinah menjadi kota tersehat di dunia versi WHO. Kota ini punya banyak makanan enak yang populer yang wajib dicicipi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), baru saja menobatkan kota Madinah di Arab Saudi, sebagai salah satu kota paling sehat di dunia.

Dilansir dari Arab News (25/01), kota Madinah berhasil memenuhi kriteria dan standar untuk nominasi kota paling sehat di dunia.

Denga kriteria seperti lingkungan fisik dan sosial yang kondusif untuk masyarakat. Sampai sumber daya masyarakat yang mumpuni.

Selain itu Madinah juga menjadi kota pertama dengan populasi lebih dari 2 juta, yang memenangkan peringkat ini. Sebelumnya WHO memang memiliki program kota tersehat di dunia sejak tahun 1986.

Nah tak hanya menonjol di bidang kota tersehat. Madinah juga punya banyak makanan enak yang populer sejak dulu.

Berikut lima makanan enak di Madinah yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Begini Serunya Jajanan di 10 Kota 'Street Food' Terbaik Dunia

1. Kabsa

Traditional Arabic MachboosNasi Kabsah Foto: iStock

Masuk ke dalam makanan nasional di Arab Saudi. Kabsa jadi salah satu menu populer di Madinah. Hidangan yang satu ini berbeda dengan nasi biryani. Meski sama-sama dibuat dari nasi.

Nama kabsa sendiri diambil dari bahasa arab 'kbs', yang memiliki arti 'tekan'. Di mana semua bahan-bahan seperti beras, potongan dan daging dimasak dalam tempat yang sama.

Untuk masalah rasa, paduan kaya rempah dengan harumnya daging kambing dan sapi jadi juara. Mulai dari rasa kayu manis, pala, hingga saffron digunakan untuk membuat kabsa.


2. Shakshuka

Madinah Kota Tersehat di Dunia Punya 5 Makanan EnakMadinah Kota Tersehat di Dunia Punya 5 Makanan Enak Foto: iStock/Site Recipes

Jika Indonesia terkenal dengan menu sarapan nasi uduk hingga bubur ayam. Kalau di Madinah dan kota-kota besar di Arab Saudi lainnya, biasanya sarapan dengan shakshuka.

Menu sarapan yang satu ini terdiri dari telur ceplok rebus (poached egg), yang disajikan dengan saus tomat, cabe, tabasco hingga rempah jinten untuk menambah rasa.

Walau hanya telur rebus saja. Tapi paduan rasa saus tomat yang kuat dengan sensasi pedas dari cabe dan tabasco, membuat menu sarapan yang satu ini digemari banyak orang di Madinah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Keren! Mosaik Raksasa Ini Terbuat dari Cup Cakes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com