Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Jan 2021 11:00 WIB
Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19 Foto: Getty Images
Jakarta -

Vaksin Covid-19 sudah diberikan bertahap di banyak negara. Supermarket ini bahkan membayar pegawainya yang yang mau divaksin Covid-19.

Pemberian vaksin Covid-19 di banyak negara bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19. Pada akhirnya kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) diharapkan bisa tercapai.

Sayangnya pemberian vaksin Covid-19 tak disambut positif semua orang. Banyak orang yang masih ragu dengan efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19.

Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di negara lain. Di Amerika Serikat, setidaknya ada 4 jaringan supermarket yang mengumumkan akan membayar pegawainya yang mau diberi vaksin Covid-19.

Keempatnya adalah Dollar General, Instacart, Trader Joe's, dan Aldi. Dikutip dari Food and Wine (22/1), CEO Aldi Amerika Serikat, Jason Hart memberikan pernyataan.

Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19 Foto: Getty Images

"Sejak awal pandemi, seluruh tim Aldi telah bekerja untuk menjaga gerai tetap aman dan penuh, dan melayani masyarakat tanpa gangguan. Menyediakan akomodasi sehingga karyawan dapat menerima vaksin penting ini adalah salah satu cara kami dapat mendukung mereka," ujar Hart.

Menurutnya juga dengan memberikan vaksin Covid-19 gratis, para pegawai Aldi tak perlu pusing memikirkan dana untuk vaksin.

Selain itu, pegawai Aldi akan mendapat upah setara dua hingga empat jam waktu kerja mereka. Fleksibilitas waktu untuk mereka yang mau mengikuti vaksin Covid-19 juga diberikan perusahaan.

Baca Juga: Saran Makanan Usai Disuntik Vaksin COVID-19 Untuk Tingkatkan Imunitas

Langkah serupa juga diumumkan Trader Joe's. Perwakilan perusahaannya mengatakan pegawai akan mendapat tambahan upah dua jam kerja untuk tiap dosis vaksin yang mereka terima.

Tak berbeda, pegawai Dollar General juga akan dibayar jika ikut vaksin Covid-19. Pihak perusahaan akan memberikan upah satu kali yang setara dengan 4 jam waktu kerja mereka.

Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19Supermarket Ini Bayar Pegawainya yang Mau Divaksin Covid-19 Foto: Getty Images

Bukan hanya untuk kasir, pegawai yang dimaksud Dollar General juga termasuk tim distribusi dan transportasi.

Sementara itu, layanan pengiriman bahan makanan, Instacart juga mengeluarkan program "Imbalan Dukungan Vaksin". Hal ini mulai berlaku penuh pada 1 Februari 2021.

Program ini ditujukan untuk mitra mereka. "Mitra yang memenuhi syarat akan menerima USD 25 untuk memastikan, ketika waktunya tiba, Anda tidak harus memilih antara mendapatkan penghasilan atau mendapatkan vaksinasi," ujar pihak Instacart.

Tentu saja Instacart berharap hal ini bisa melindungi mitra mereka sekaligus menjaga operasional perusahaan tetap berjalan dan pelanggan merasa aman.

Baca Juga: Supermarket Buang Makanan Rp 500 Juta karena Wanita Prank Batuk Corona

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLIFE
×
Dietku Bukan Dietmu
Dietku Bukan Dietmu Selengkapnya