Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus Diaduk

Riska Fitria - detikFood Minggu, 24 Jan 2021 08:00 WIB
Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus Diaduk Foto: iStock
Jakarta -

Masih heboh perdebatan cara makan bubur ayam diaduk dan tidak diaduk. Nah, Pengguna Facebook ini membeberkan alasan mengapa makan bubur ayam harus diaduk.

Setiap orang punya selera sendiri tentang bagaimana cara menikmati bubur ayam. Para pecinta bubur ayam selama ini memang dipisah dalam dua kubu, yakni penikmat bubur ayam diaduk dan tidak diaduk.

Cara makan bubur ayam tersebut pun menimbulkan perdebatan. Para penikmat bubur ayam berlomba-lomba memberikan alasan mengapa cara makan bubur ayamnya adalah yang paling tepat.

Baca Juga : 5 Sekte Bubur yang Bikin Geger, Ada yang Dipisah sampai Disedot!

Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus DiadukIni Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus Diaduk Foto: iStock

Seperti yang dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Zain Abdallah. Dalam sebuah unggahannya ia membeberkan alasan mengapa cara makan bubur ayam itu harus diaduk. Menurutnya itu agar bumbunya dapat tercampur dengan merata.

"Secara logis, bubur itu memang HARUS DIADUK. Karena bumbunya tidak merata. Apalagi kalau ditambah sambal. Mosok sambalnya harus dicocol? Aneh! Apalagi sekarang, ada lada tumbuk sebagai pengganti sambal. Bagaimana mungkin tidak diaduk," tulisnya.

Lebih lanjut, pengguna Facebook tersebut lantas membedakan kelompok makan bubur ayam diaduk dan tidak diaduk sebagai kelompok rasional dan logis. Penikmat bubur ayam diaduk lebih mengutamakan esensi di atas penampilan bubur.

Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus DiadukIni Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus Diaduk Foto: iStock

"Thoh, pada akhirnya bubur akan teraduk-aduk juga di dalam perut," tulisnya,

Bukan hanya itu, ia mengatakan bahwa cara makan bubur ayam bukan hanya terpisah sebagai kelompok rasional dan logis, tetapi sudah masuk ke dalam wilayah ma'rifat atau pengetahuan yang diperoleh melalui akal.

Pengguna Facebook itu juga memberikan pesan untuk penikmat bubur ayam gak diaduk. "Pesan saya untuk penggemar bubur gak diaduk, bertaubatlah. Sebelum datangnya hari di mana kita tidak bisa lagi makan bubur," tulisnya.

Perbedaan kubu tersebut memang telah menjadi perdebatan yang serius. Bahkan sampai ada penjual bubur ayam yang membuat spanduk bertuliskan kelebihan dan kelemahan dari cara makan bubur ayam diaduk atau tidak diaduk.

Ini Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus DiadukIni Alasannya Mengapa Makan Bubur Harus Diaduk Foto: iStock

Tertulis bahwa kelebihan cara makan bubur ayam diaduk adalah, lebih mudah dicerna, lebih mudah sampai ke lambung, semua rasa bercampur dengan sempurna. Kekurangannya adalah, tidak estetik dan mengurangi nafsu makan sebagian besar orang.

Sementara kelebihan cara makan bubur tidak diaduk adalah, terlihat dan terjaga tetap estetik, meningkatkan nafsu makan hingga 30%, dan menambah sugesti rasa enak.

Dan kekurangannya adalah, rasa tidak tercampur merata dan lebih susah dicerna karena tidak lembut. Poster tersebut dipasang oleh penjual bubur ayam di Kudus, Jawa Timur.

Baca Juga : Cara Makan Bubur Ayam Diaduk dan Tak Diaduk Bisa Cerminkan Kepribadian



Simak Video "Bubur Ayam Argo Jati, 4 Jam Jualan Langsung Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com