Viral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini Penjelasannya

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 10:30 WIB
Viral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini Penjelasannya Foto: TikTok
Jakarta -

Heboh di media sosial munculnya tag lokasi warung sate ayam hingga tanda S.O.S di Pulau Laki tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Ini fakta sesungguhnya.

Seperti yang diketahui bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hilang kontak dan terjatuh di Pulau Laki (09/01). Semenjak itu banyak orang yang penasaran dengan Pulau Laki dengan membukanya melalui Google Earth.

Tak sedikit netizen yang menemukan tag lokasi yang aneh-aneh. Mulai dari warung sate ayam hingga tanda S.O.S. Seperti yang diunggah oleh pengguna @wullndrii_(14/01).

Baca Juga : Tersisa Tanya soal SOS di Pulau Laki Kala Evakuasi Korban Sriwijaya

Viral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini PenjelasannyaViral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini Penjelasannya Foto: TikTok

Dalam videonya ia membagikan tangkapan layar saat menelusuri Pulau Laki melalui Google Earth. Saat itu ia menemukan tag lokasi Warung Sate Ayam dan tanda S.O.S.
Hal tersebut membuat netizen ikut menelusurinya.

Namun, ada netizen yang menemukan ada pula yang tidak. Bahkan ada netizen yang menemukan tag lokasi baru, yakni Toko Roti, Warung Bakmi hingga Tologggg.

Munculnya tag lokasi Warung Sate Ayam dan tanda S.O.S dikaitkan dengan korban jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182 oleh kebanyakan netizen. Pulau Laki sendiri merupakan pulau yang tak berpenghuni.

Viral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini PenjelasannyaViral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini Penjelasannya Foto: TikTok

Pulau seluas 1,5 hektare tersebut dikelilingi oleh hutan bakau. Dulu, di sana terdapat tempat penginapan, kolam renang, lapangan tenis, golf dan lainnya.

Namun karena suatu hal, tempat wisata tersebut tidak lagi beroperasi dan meninggalkan bangunan begitu saja. Dan sejak tahun 2001, pulau tersebut sering dijadikan sebagai tempat latihan TNI Angkatan Laut.

Selain itu, Pulau Laki juga menjadi tempat penelitian flora dan fauna. Lantas, apa maksud dari tag lokasi Warung Sate Ayam dan tanda S.O.S pada Google Earth di Pulau Laki?

Pasalnya tak sedikit netizen yang berspekulasi macam-macam. Mulai dari mengaitkan dengan hal mistis hingga dianggap sebagai sinyal dari korban selamat Sriwijaya Air SJ-182.

Miniatur pesawat Sriwijaya Air dan Nam AirViral Tag Lokasi Warung Makan hingga Tanda S.O.S di Pulau Laki, Ini Penjelasannya Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

Viralnya tag lokasi tersebut membuat Tim Badan SAR Nasional (Basarnas() mengeluarkan suara. Direktur Operasi Basarnas, Brigjen Rasman MS membantah spekulasi netizen yang menyebut tag lokasi yang ditemukan sebagai sinyal dari korban selamat.

"Sampai saat ini tidak ada keterangan yang kita dapatkan bahwa ada penumpang yang hidup. Jadi untuk SOS tadi, kita coba dalami nanti. Saya tidak mau berspekulasi apa yang ada di situ," ungkap Rasman, seperti yang dikutip dari detikNews (20/01).

Sementara itu, Google Indonesia mengatakan bahwa tag lokasi di Google Maps memang bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna. Pengguna bisa melengkapi data pada Google Maps melalui fitur 'add missing place' dan 'contribute'.

Google mengaku, data tag lokasi dari kontribusi pengguna memang tidak selalu akurat. Dilansir dari CNN Indonesia (21/01) pihak Google telah menghapus tag lokasi yang ditemukan netizen.

Baca Juga : Viral Tanda 'SOS' di Pulau Laki Kepulauan Seribu, Basarnas Akan Dalami



Simak Video "Santap Siang Pakai Dendeng Batokok Bakar yang Harum"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com