Keren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Drone

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 07:30 WIB
Keren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Drone Foto: iStock
Jakarta -

Layanan pengiriman makanan memang sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Di Israel, kini sedang diuji coba pengiriman pizza pakai drone. Keren!

Layanan pengiriman makanan menjadi fasilitas yang sangat dicari oleh para pelanggan. Selain memudahkan pelanggan, layanan seperti ini juga sangat menguntungkan bagi restoran karena kemudahan untuk mendapatkan pelanggan.

Terutama pada akhir-akhir ini, saat pandemi corona membuat semua aktivitas di luar ruangan harus dibatasi. Layanan pengiriman makanan menjadi satu-satunya cara aman untuk tetap menikmati makanan dari restoran langganan tanpa keluar rumah.

Mulai dari aplikasi online hingga pengantaran makanan yang secara langsung akan dilakukan oleh restoran tempat kamu memesan makanan. Di Israel, salah satu restoran pizza bahkan sedang mengembangkan pengantaran dengan menggunakan drone.

Keren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai DroneKeren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Drone Foto: iStock

Dilansir dari Food and Wine (19/1) pizza Hut Israel akan mulai meluncurkan pengiriman dengan drone pada pertengahan tahun ini. Percobaan demi percobaan sedang dilakukan agar hasil yang didapatkan akan sempurna.

Baca Juga: Canggih! Kisah-kisah Makanan yang 'Terbang' Menggunakan Drone

"Pengiriman drone adalah hal bagus untuk dibicarakan, tetapi tidak realistis untuk berpikir kita akan melihat drone terbang di seluruh langit dan menjatuhkan pizza ke halaman dalam waktu dekat," kata Ido Levanon.

Pernyataan ini juga diungkapkan oleh Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Pizza Hut akan menggunakan drone untuk pengantaran pesanan di zona pendaratan yang disetujui oleh pemerintah. Hal ini akan layaknya seperti tempat parkir mobil yang akan disediakan secara khusus dan tidak sembarangan.

Keren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai DroneKeren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Drone Foto: iStock

Cara ini akan berbeda dengan yang biasanya pizza pesanan akan diantarkan oleh pengemudi dan langsung diterima pelanggan. Ternyata, sistem serupa telah diperbincangkan dan dilakukan oleh Ubereats di San Diego pada tahun 2019 lalu.

Kementerian perhubungan di Israel baru mengizinkan percobaan drone untuk diterbangkan dari suatu restoran dan hanya dalam jarak 80 kilometer persegi. Tetapi, Pizza Hut Israel menyatakan bahwa target pengiriman dengan drone harus bisa mencakup lebih dari 7.000 rumah di Israel.

Pizza Hut Israel bukan hanya mengajukan perluasan jangkauan program. Pizza Hut Israel juga mengatakan pemerintah harus meningkatkan batas berat yang bisa diterbangkan dengan proyek drone ini.

Jika proyek ini berhasil, maka PIzza Hut Israel akan menjadi restoran pizza pertama yang menggunakan drone untuk melakukan pengantaran. Sebelumnya, pada 2016, Domino's di Selandia Baru mengaku menjadi perusahaan pertama di dunia yang menyediakan pengantaran dengan drone. Ternyata, menurut catatan WSJ, bahkan hingga 5 tahun setelahnya mereka tidak melakukan pengantaran tersebut.

Keren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai DroneKeren! Pizza Hut Uji Coba Pengiriman Pizza Pakai Drone Foto: iStock

Dragontail Systems, sebagai penyedia drone untuk Pizza Hut Israel, mengatakan bahwa proyek ini akan cocok untuk dilakukan saat pandemi Covid-19. Ini dikatakan akan mampu mengatasi krisis yang dialami oleh banyak restoran.

"Pengiriman drone kami memberi restoran dan pengemudi kesempatan untuk mencapai pelanggan dengan cara yang lebih aman dan hemat biaya," kata Levanon.

Ini bukan menjadi proyek Dragontail Systems pertama dengan perusahaan pizza. Sebelumnya Domino mengembangkan pemeriksaan kualitas pizza dengan perangkat lunak yang berhasil mereka kembangkan pada 2017.

Baca Juga: Ngidam Makanan China, Napi Ini Selundupkan Makanan Lewat Drone



Simak Video "Indomie Dijadikan Topping Pizza, Bagaimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com