Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 21 Jan 2021 11:30 WIB
Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup! Foto: Facebook Amanda Omeychua
Jakarta -

Puluhan ikan koi peliharaan wanita ini mati karena kekurangan oksigen. Ia putuskan mengolah ikan koi tersebut jadi sup gurih berempah. Gimana rasanya?

Ikan koi termasuk ikan hias istimewa yang harganya mahal. Seekor ikan koi bisa dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Apalagi jika ikan koi memiliki motif atau corak warna yang cantik, maka harganya bisa lebih mahal lagi. Memelihara ikan koi pun jadi kegemaran banyak pencinta ikan hias.

Seperti halnya wanita asal Malaysia bernama Amanda Omeychua ini. Ia memelihara puluhan ikan koi di kolam rumahnya, namun sayang berujung mati.

Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup!Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup! Foto: Facebook Amanda Omeychua

Dikutip dari World of Buzz (21/1), kematian ikan koi Amanda lantaran pembantunya lupa mematikan air ke tangki kolam. Ikan koi Amanda akhirnya mati lemas karena kadar oksigen di dalam air yang rendah.

Alih-alih membuangnya, Amanda putuskan mengolah ikan koi tersebut. Ia menunjukkan prosesnya ke grup Facebook MASAK APA TAK JADI HARI INI OFFICIAL.

Baca Juga: Nyesek! Orang Ini Masak Oseng Cupang 'Blue Rim' Buat Jadi Lauk

Pertama, Amanda membersihkan ikan koi dan memotong-motongnya. Setelah itu ikan koi direbus menjadi sup bersama ragam bumbu dapur. Ada sereh, bawang, hingga cabai untuk memberikan cita rasa.

Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup!Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup! Foto: Facebook Amanda Omeychua

Setelah direbus hingga daging ikannya matang, sup ikan koi pun siap disajikan. Lalu bagaimana rasanya?

Amanda bilang tekstur dan rasa ikan koi mirip ikan patin. Dagingnya lembut dan rasanya lumayan gurih.

Melihat sup ikan koi buatan Amanda, netizen memberikan reaksi beragam. Ada yang merasa sayang melihat ikan koi diolah meski sudah mati, namun ada juga yang menganggap olahan sup ikan koi biasa saja.

"Ada banyak ikan koi seperti ini di Sabah. Kami memakannya seperti ikan pada umumnya," komentar seorang netizen.

Lalu ada juga yang bilang, "Saya pernah makan ikan koi seperti ini dengan teman saya orang Sarawak. Rasanya memang enak, daging ikannya sangat lembut."

Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup!Ikan Koi Peliharaannya Mati, Wanita Ini Memasaknya Jadi Sup! Foto: Facebook Amanda Omeychua

Netizen lain juga bercerita kalau ikan koi sudah sejak lama jadi santapan keluarga kerajaan di Malaysia. Ikan koi dikenal sebagai hidangan mewah.

Olahan ikan koi juga jamak dikonsumsi orang-orang di bagian timur Malaysia. Misalnya saja di Sabah, Sarawak, dan Labuan.

Sebelum Amanda, sebuah keluarga di Taiwan juga pernah viral karena mengolah ikan koi. Mereka menggoreng seekor ikan koi yang harganya ditaksir mencapai Rp 47 juta!

Video singkat proses penggorengan ikan koi inipun viral di media sosial. Videonya bahkan sudah ditonton jutaan kali.

Baca Juga: Harganya Jutaan Rupiah, 5 Ikan Hias Ini Malah Digoreng

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com