Ini Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di Kantor

Riska Fitria - detikFood Senin, 18 Jan 2021 12:00 WIB
Ini Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di Kantor Foto: Twitter @skinchemically
Jakarta -

Seorang pengguna Twitter membeberkan etika yang benar saat minta makanan kepada rekan kerja di kantor. Meski tak ada orangnya, izin adalah hal penting. Ini etikanya.

Kantor bisa disebut juga sebagai rumah kedua. Pasalnya waktu sehari-hari lebih sering dihabiskan di kantor daripada di rumah. Oleh karenanya, para pekerja sering menyimpan makanan di kulkas atau pantry kantor.

Namun, seringkali ada orang iseng yang memakan makanan tersebut tanpa izin kepada pemiliknya. Alhasil makanan pun raib begitu saja, dan membuat si pemilik makanan menjadi kesal.

Baca Juga : Ini 8 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Pantry Kantor (2)

Ini Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di KantorIni Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di Kantor Foto: Twitter @skinchemically

Padahal jika meminta kepada pemiliknya, sang pemilik akan berbaik hati memberikan makanan tersebut. Karena etika yang benar adalah meminta izin meski tak ada orangnya.

Seperti yang diceritakan oleh pengguna Twitter dengan akun @skinchemically (11/01). Dalam unggahannya, ia menceritakan rekan kerjanya yang meminta izin mengambil makanan miliknya di kulkas kantor.

"Aku punya sisa kue kelapa, jadi aku simpan di kulkas kantor. Karena hari ini aku WFH, ada anak kantor yang minta lewat Whatsapp. The ladies and gentlemen, adalah basic human decency. Minta izin ke orang yang punya, nggak main asal makan aja," tulisnya.

Ini Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di KantorIni Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di Kantor Foto: Twitter @skinchemically

Selain itu, ia juga mengunggah isi percakapan rekan kerjanya saat meminta izin mengambil makanan. "Kak Stefan, boleh bagi gak? Aku lapar. Besok kuganti," bunyi isi pesan tersebut.

Tanpa basa-basi, pengguna Twitter pun langsung mempersilahkan rekannya untuk mengambil makanan. Ia menegaskan bahwa ia bukan mempermasalahkan makanan yang habis, tetapi etika dengan meminta izin.

"Bukan barangnya habis sih yang aku benci. Tapi mental notes yang ngira barangnya masih ada tapi tiba-tiba raib itu yang bikin aku naik darah. Benci aja gitu udah kepikiran mau makan sesuatu di kulkas eh tahu-tahu habis secara misterius," tulisnya.

Unggahan tersebut pun langsung ramai ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang mengaku sering mengalami kehilangan makanan saat di kantor.

Ini Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di KantorIni Etika saat Meminta Makanan Rekan Kerja di Kantor Foto: Twitter @skinchemically

"Samaa, gue benci banget sama orang yang make barang atau makan makanan punya gue tanpa izin. Bukan masalah barang atau makanannya tapi masalah etikanya," tulis netizen.

"Bener banget. Kadang kita ingat dari rumah punya sesuatu di kantor buat ngemil nanti atau sarapan pas sampe makanannya raib gitu aja. Ditanya gak ada yang ngaku pula," tulis netizen lainnya.

"Lah, aku mengambil makanan ibuku di kulkas aja izin dulu. Ini lagi punya rekan kerja yang notabenenya gak sedeket keluarga," tulis netizen.

Nah, tak sedikit juga netizen yang memberikan tips, yaitu dengan menuliskan nama di sebuah kertas dan ditempel di makanannya. Dengan cara itu dirasa bisa membuat orang lain segan untuk mengambil makanan secara diam-diam.

Baca Juga : Ini 8 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Pantry Kantor (1)



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com