Kota Majene Punya 5 Makanan Khas yang Enak Mantul

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 16 Jan 2021 15:31 WIB
Makanan khas Majene, Sulawesi Barat Foto: travel.wego.com
Jakarta -

Kota Majene di Sulawesi Barat kini sedang berduka karena dilanda gempa. Untuk diketahui, di kota ini juga ada banyak makanan khas yang rasanya enak mantul.

Majene, Sulawesi Barat sedang berduka karena dilanda gempa berkekuatan magnitudo 6,2. Kota yang terletak di provinsi Sulawesi Barat ini tepatnya berada di Banggae. Sekarang kota ini sedang porak poranda karena gempa.

Majene memiliki panorama yang indah dengan pantai cantik. Yang paling populer adalah Pantai Dato. Selain itu, beragam kuliner menarik juga terdapat di Majene, Sulawesi Barat.

Ada bua rangas, jepa, ikan terbang, hingga sokkol bunga. Keempat makanan khas Majene ini tentunya memiliki keunikan dan rasa yang enak.

Baca Juga: Manis dan Cantik, Ini 5 Kue Tradisional Khas Sulawesi https://food.detik.com/info-kuliner/d-4456227/manis-dan-cantik-ini-5-kue-tradisional-khas-sulawesi

Berikut 4 makanan khas Majene, Sulawesi Barat:

1. Bua Rangas

Makanan khas Majene, Sulawesi BaratMakanan khas Majene, Sulawesi Barat Foto: resepkuerenyah.com

Bua rangas adalah makanan khas Majene berupa gorengan. Bua rangas berasal dari kampung nelayan di Utara Majene yaitu Rangas. Tak heran kalau diberikan nama Bua Rangas.

Gorengan ini terbuat dari kacang hijau dan gula aren yang diselimuti adonan tepung encer, kemudian digoreng. Biasanya bua rangas banyak ditemui saat pagi hari. Harganya dibanderol Rp 1.000-an saja.

Bua rangas ini kalau dilihat tampilannya sangat mirip dengan gandasturi. Berupa gorengan yang juga terbuat dari kacang hijau.

2. Jepa

Makanan khas Majene, Sulawesi BaratMakanan khas Majene, Sulawesi Barat Foto: YouTube Irham Hambali Mansyur

Jepa adalah makanan khas Majene yang biasa disantap oleh orang suku Mandar. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut. Kemudian dipanggang meggunakan piring tanah liat.

Jepa berbentuk lingkaran yang pipih. Warnanya putih kecokelatan dan teksturnya mirip roti. Jepa ini biasa disantap sebagai pengganti nasi.

Untuk menikmatinya, biasa dimakan bersama ikan teri, ikan terbang atau tui-tuing, dan cumi. Jepa juga biasanya jadi bekal nelayan karena mudah disimpan dan lebih tahan lama dibandingkan nasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Takut Gempa Susulan dan Tsunami, Warga Majene Mengungsi ke Perbukitan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com