ADVERTISEMENT

15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 15 Jan 2021 15:00 WIB
Sick woman blowing her nose, she covered with blanket
Foto: iStock

11. Gunakan Panci Besar untuk Masak Banyak Pasta

Jika kamu memasak pasta untuk 4 sampai 5 porsi jangan pernah gunakan panci yang kecil. Bahan makanan yang terlalu banyak dalam sebuah panci yang kecil akan dengan cepat menurunkan suhu air yang sedang mendidih.

Suhu yang turun drastis akan membuat memasak jadi lebih lama. Gunakan panci atau wajan dengan ukuran yang sesuai, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

12. Membersihkan Alat Masak

Alat masak yang bersih menjadi kunci cita rasa makanan yang lezat. Memastikan alat masak sudah bersih sepenuhnya akan membuat rasa masakan tidak bercampur dengan rasa lainnya.

Masakan akan matang dengan rasa dan warna yang sesuai. Kotoran yang masih menempel pada alat masak akan memengaruhi penampilan dan rasa masakan.

13. Tidak Membiarkan Makanan Gosong

Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/chomphuphucar

Beberapa orang menyukai makanan yang lebih kering dan garing. Tanpa sadar, mereka akan dengan sengaja memasak lebih lama hingga makanan gosong.

Ternyata, makanan yang gosong tidak baik untuk dikonsumsi. Karsinogen yang ada pada makanan gosong dapat menyebabkan kanker.

14. Mengikuti Resep

Saat membuat kue, kamu disarankan mengikuti resepnya dengan sangat baik. Beberapa bahan harus dimasukan sesuai urutannya agar tercampur dan berfungsi dengan baik.

Saat membuat kue, memasukan bahan dengan urutan yang kurang tepat akan berpengaruh cukup besar. Misalnya kue tidak mengembang atau ada bahan yang menggumpal.

15. Pastikan Mencicipi Masakan

Mencicipi masakan menjadi langkah terakhir yang paling krusial. Untuk memastikan kematangan bahan dan kesesuaian rasa, kuncinya adalah mencicipi.

Sebelum hidangan disajikan, masakan harus dicicipi. Mencicipi masakan menjadi waktu terbaik untuk mengoreksi rasa sebelum disajikan.

Baca Juga: 6 Kesalahan Sepele yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak https://food.detik.com/info-kuliner/d-4650720/6-kesalahan-sepele-yang-paling-sering-terjadi-saat-memasak



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sate Taichan Slebew di CFW"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT