ADVERTISEMENT

15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 15 Jan 2021 15:00 WIB
Sick woman blowing her nose, she covered with blanket
Foto: iStock

6. Memilih Pemanis Alami

Gula punya efek yang buruk bagi kesehatan. Menambahkan gula terlalu banyak pada hidangan manis akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Mungkin Anda Sering Lakukan 8 Kesalahan Ini Saat Memasak

Jika kamu menyukai hidangan manis coba ganti gula dengan pemanis alami. Misalnya buah-buahan manis, madu atau pemanis alami lainnya.

7. Pilih Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Memilih makanan rendah lemak tidak sepenuhnya sehat. Beberapa bahan makanan mengandung lemak sehat secara alami yang justru baik untuk kesehatan.

Lemak menjadi sumber energi yang penting untuk tubuh. Lemak membantu tubuh menyerap vitamin. Beberapa sumber lemak sehat adalah alpukat, minyak zaitun, kacang, dan ikan.

8. Tidak Sering Membuka Oven

A housewife steaming fish in a microwave oven for a family dinner. She prepares it by putting fish dishes in the microwave and then serving healthy food. Cooking ideas15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Ake Ngiamsanguan

Sering kali, saat memasak, orang akan membuka oven untuk memeriksa makanan mereka. Apakah sudah pada kematangan yang pas, warna yang tepat dan alasan lainnya.

Ternyata membuka oven untuk memeriksa makanan saat masih dalam pemasakan dapat memengaruhi hasil makanan. Makanan akan menjadi kurang matang karena suhu yang berubah begitu cepat.

9. Menggunakan Bahan dengan Suhu Ruang

Saat membuat kue, pastikan semua bahan yang digunakan ada pada suhu ruang. Suhu ruang adalah suhu yang paling sempurna untuk bahan-bahan berfungsi dengan baik.

Bahan yang terlalu hangat akan sulit untuk dicampurkan dengan bahan lainnya. Sedangkan bahan yang masih dingin tidak akan berfungsi dengan baik.

10. Pilih Wajan yang Tepat

Wajan terbuat dari berbagai macam bahan. Bahan yang digunakan untuk membuat wajan juga memiliki fungsi dan titik panasnya masing-masing.

Misalnya wajan yang terbuat dari baja akan menyerap dan mempertahankan panas lebih lama. Beberapa makanan bisa saja menjadi cepat gosong jika dimasak menggunakan wajan berbahan baja. Wajan stainless steel atau teflon bisa jadi pilihan untuk memasak sehari-hari.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sate Taichan Slebew di CFW"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT