Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 06:00 WIB
Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Minum segelas susu hangat memang lebih nikmat. Tetapi apa benar merebus susu bisa mengurangi nilai gizinya? Cek fakta nutrisi susu berikut ini.


Kandungan protein, kalsium dan mineral pada susu membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsinya secara rutin. Ada yang suka minum susu dalam keadaan dingin, namun tak sedikit yang menikmati susu dalam keadaan hangat.

Salah satu solusi untuk membuat susu menjadi hangat adalah merebusnya, namun banyak yang beranggapan merebus susu bisa merusak nutrisi dan mengurangi nilai gizi. Dilansir dari BoldSky (13/1) merebus susu sebenarnya boleh dilakukan namun tidak semua jenis susu aman untuk direbus, terutama susu pasteurisasi atau populer dengan sebutan susu UHT.

Kebanyakan susu segar yang tersedia di pasaran adalah susu pasteurisasi, memanaskan susu sebelum diminum biasanya tidak diperlukan. Susu segar ini sudah melalui proses pemanasan untuk membunuh bakteri sehingga aman untuk dikonsumsi langsung.

Berikut fakta soal merebus susu dan kandungan nutrisi pada susu yang direbus.

1. Merebus susu hanya perlu dilakukan untuk susu mentah

Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini FaktanyaMerebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya Foto: iStock

Merebus susu mentah yang baru saja diperah memang dianjurkan sebagai langkah untuk membunuh bakteri. Para peneliti menyebut, secara alami susu mentah sebenarnya tidaklah mengandung bakteri. Tetapi proses pemerahan memungkinkan terjadinya kontaminasi silang pada susu sehingga membuatnya terpapar bakteri.

Susu kemasan tidak perlu direbus karena sudah dipasteurisasi sehingga sudah higienis dan bebas bakteri. Susu mentah membutuhkan proses perebusan karena mungkin mengandung bakteri E. coli, salmonella, dan bakteri lainnya yang berbahaya untuk kesehatan.

Susu mentah yang berasal dari sapi sehat sebenarnya tidak mengandung bakteri apa pun, namun proses pemerahan, pengangkutan, atau penyimpanan susu itulah yang membuat susu terkontaminasi bakteri. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah akan mudah terkena masalah kesehatan karena konsumsi susu segar yang baru saja diperah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com