Pakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani Kritik

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 12:30 WIB
Pakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani Kritik Foto: SCMP
Jakarta -

Berbeda dengan kolam pemandian air panas lainnya. Kolam yang satu ini dibuat mirip seperti hot pot raksasa, lengkap dengan air berisi cabe, lobak hingga susu.

Hot pot merupakan makanan populer yang digemari di China. Paduan kuah dengan irisan daging hingga sayur, membuat hot pot jadi makanan yang tak bisa terlewatkan di China.

Baru-baru ini salah satu hotel di Heilongjiang, China, menarik perhatian banyak orang karena kolam pemandian air panas mereka. Disebut juga sebagai hot spring, kolam pemandian ini bentuknya seperti panci hot pot yang besar.

Baca Juga: Wow! Pemandian Air Panas Tema Hot Pot Ini Isinya Cabai hingga Selada

Pakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani KritikPakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani Kritik Foto: SCMP

Sayangnya SCMP (12/01) tidak menyebutkan nama hotel tempat kolam hot pot raksasa ini berdiri.

Di bagian tengah kolam pemandian terdapat garis pembatas. Garis pembatas ini lah yang membedakan varian air atau sup di kolam tersebut.

Di satu sisi kolam warnanya merah menyala. Pihak hotel mengaku menaruh 10 kg cabe untuk diletakkan di dalam kolam. Tak hanya cabe, bahkan ada beberapa mainan plastik berupa kepiting hingga ikan seperti di dalam hot pot.

Untuk kolam lainnya, warnanya putih kental menggunakan susu sebagai campuran dasarnya. Terdapat irisan lobak hitam dan beberapa rempah di dalamnya.

Pakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani KritikPakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani Kritik Foto: SCMP

"Cabe-cabe ini mirip seperti rempah lainnya, bisa menyerap ke dalam tubuh kita," jelas manajer hotel.

Meski begitu kolam hot pot ini mengundang perdebatan di kalangan netizen dan beberapa forum online.

"Ini bukannya masuk ke dalam buang-buang makanan? Bukan kah seharusnya mereka dihukum?" tanya salah satu netizen.

"Jika kalian punya luka yang terbuka atau luka gores di kulit, saat berendam di sini rasanya akan sakit sekali," tutur netizen lainnya.

"Seharusnya apakah cabe-cabe ini bisa dimakan? Jadi tidak ada makanan yang terbuang sia-sia?" tanya netizen.

Pakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani KritikPakai Cabe hingga Susu, Kolam Pemandian Hot Pot Ini Dihujani Kritik Foto: SCMP

Tapi tak semua komentar netizen berisi kritik. Ada juga netizen yang membela hotel ini, karena ia menganggap bahwa banyak pemandian air panas yang mencampurkan susu dan bahan makanan lainnya ke dalam kolam.

"Ada banyak pemandian air panas yang diisi susu, ginseng hingga wolfberries. Kenapa yang isi cabe malah dipermasalahkan?" bela salah satu netizen.

Terlepas dari kontroversinya, tapi kolam pemandian hot pot ini tetap diminati. Banyak orang yang rela mengantre untuk bisa berendam di dalam kolam hot pot raksasa. Ada yang untuk bersantai, bermain sampai foto-foto.

Sebelumnya di China ada kolam pemandian air panas serupa, yang juga mengusung konsep hot pot. Kolam ini berada di wilayah Chongqing.

Di dalam panci besar itu terdapat juga mainan plastik berbentuk sayuran, hingga makanan untuk dijadikan mainan selama berendam di sana.

Baca Juga: Bisa Berendam Sambil Hirup Aroma Makanan, Ada Spa Hot Pot hingga Kopi



Simak Video "Bikin Laper: Makan Hot Pot Sepuasnya Sesuai Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com