7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea

Diah Afrilian - detikFood Senin, 11 Jan 2021 14:30 WIB
7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea Foto: iStock
Jakarta -

Makanan khas Korea kini banyak digandrungi di Indonesia. Saat kamu berkunjung ke restoran Korea, sebaiknya hiindari lakukan 7 hal ini.

Makanan Korea sedang diminati karena pengaruh budaya K-pop yang melanda berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak restoran Korea pun dipadati pengunjung.

Bahkan beberapa tempat makan ala Korea semakin banyak bermunculan dengan ide-ide baru atau bahkan mengikuti tren yang sedang ramai diperbincangkan. Misalnya tren makanan yang ada pada beberapa drama Korea yang membuat para penontonnya penasaran ingin mencoba.

Ternyata ada pedoman-pedoman yang harus diperhatikan saat kamu makan di restoran Korea. Hal ini terkait dengan budaya yang berlaku di sana.

Dilansir dari Mashed (5/1), berikut 7 hal yang sebaiknya tak dilakukan saat makan di restoran Korea:

1. Modifikasi Pesanan

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea Foto: iStock

Di beberapa tempat, memodifikasi menu sudah menjadi hal yang sangat umum. Tetapi, biasanya di restoran Korea tidak sefleksibel tempat lainnya.

Pihak restoran Korea biasanya menyajikan menu, baik makanan dan minuman, sebagaimana mestinya secara tradisional. Hal ini merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap budaya makanan tradisional.

2. Makanan Dingin

Banyak restoran yang akan memberikan penawaran tambahan apabila pesanan pelanggan diterima sudah dalam keadaan dingin. Restoran Korea memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap makanan yang dingin. Usahakan tidak mengembalikan atau protes pada restoran Korea jika kamu mendapatkan makananmu dalam keadaan dingin.

Di Korea, budaya mengantar pesanan sudah menjadi bagian yang harus ada pada sebuah restoran. Maka, tidak aneh jika pesanan tiba di rumah konsumen dalam keadaan dingin. Bahkan, beberapa hidangan memang disajikan dalam kondisi dingin seperti bibimbap dan banchan.

Baca Juga: Intip 5 Kebiasaan Makan Orang Korea yang Sering Terlihat di Drakor

3. Jangan Order Keju

7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea7 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan di Restoran Korea Foto: iStock

Di restoran Korea yang lebih modern, hidangan dengan tambahan keju mungkin akan tersedia. Bahkan pada menu yang tertulis di buku menu sudah termasuk dengan tambahan keju leleh seperti cheese fondue untuk melengkapi hidangan.

Tetapi hal ini akan berbanding terbalik jika kamu makan di restoran Korea yang masih tradisional. Di restoran itu, mereka biasanya akan menolak permintaan tambahan keju.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com