5 Pandangan Islam tentang Khasiat dan Keutamaan Minum Kopi

Riska Fitria - detikFood Senin, 11 Jan 2021 06:00 WIB
Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock

3. Keutamaan Minum Kopi dalam Islam

Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara IniBahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini Foto: iStock

Ternyata Rosulullah juga menganjurkan umatnya untuk minum kopi. Itu karena kopi memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Hal tersebut pernah disampaikan oleh seorang Habib yang bertemu Nabi Muhammad SAW.

Habib tersebut bernama as-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi yang menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW, "Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara,".

Kemudian Nabi Muhammad SAW pun memberikan tiga hadits sekaligus, yaitu:

"Selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untuknya,"

"Barangsiapa yang menyimpan tasbih untuk digunakan berdzikir, maka Allah SWT akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berdzikir, baik ia gunakan tasbihnya atau tidak,".

"Barangsiapa yang duduk bersama waliyullah yang hidup atau yang sudah wafat maka pahalanya sama saja dengan ia menyembah Allah SWT di seluruh penjuru bumi,".

Dalam riwayat para salafunas shalih disebutkan bahwa, " Kopi itu begitu dicintai oleh para para wali Allah. Sebagaimana salah satu sahabat dikisahkan selalu menyiapkan kopi sampai satu termos. Beliau meminumnya mulai tengah malam, untuk menjaga tahajud sampai waktu isyrag habis,".

Hal tersebut diceritakan oleh Pimpinan Majelis Ahbaabul Musthofa, Probolinggo, Jawa Timur, Habib Hasan bin Ismail Al-Muhdhor, dikutip dari channel YouTube Ahbaabul Musthofa Channel.

4. Khasiat kesehatan Kopi dalam Islam

Minum Kopi Bisa Jadi Alat Deteksi COVID-19Minum Kopi Bisa Jadi Alat Deteksi COVID-19 Foto: iStock

Khasiat tentang kopi sudah diteliti sejak dulu. Pada abad ke-10 Ilmuwan Ibnu Sina membahas tentang efek kopi dalam perspektif medis melalui karyanya berjudul al-Qanun fi al-Tibb.

Dalam karyanya tersebut ia menceritakan tentang sejarah kopi, jenis-jenis kopi hingga khasiat kopi untuk kesehatan tubuh. Ibnu Sina menyebut bahwa khasiat tersebut adalah mempertahankan kesehatan tubuh.

Selain itu juga dapat membuat kulit menjadi bersih dan mengurangi kelembaban kulit. Bukan hanya rasanya saja, aroma kopi juga memiliki khasiat, yaitu sebagai stimulus kesehatan tubuh dan pikiran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com