Pakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu Polisi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 10:30 WIB
Pakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu Polisi Foto: The Star MY
Jakarta -

Pakai dekorasi tema komunis, restoran di Penang justru bikin heboh. Banyak polisi yang datang ke sana untuk menurunkan dekorasi bertema komunis tersebut dari dinding restoran.

Bertentangan dengan ideologi negara Malaysia, salah satu restoran di Penang jadi viral karena hiasan di dindingnya. Pasalnya restoran yang terletak di Bukit Mertajam ini mengusung tema komunis untuk dekorasi restorannya.


Dilansir dari The Star (06/01), menyadari hal ini beberapa anggota kepolisian dari Central Seberang Prai melakukan inspeksi mendadak ke restoran tersebut. Beberapa anggota polisi yang datang ke sana menemukan bagian dinding dipenuhi wallpaper berisi ideologi komunis.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Penang? Ini Rekomendasi Makanan yang Wajib Dicoba

Pakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu PolisiPakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu Polisi Foto: The Star MY

"Tim kepolisian dari D9 dan D7 unit, mengunjungi restoran itu dan melakukan pengecekan menyeluruh. Tim kepolisian menemukan adanya elemen tentang ideologi komunis, di hiasan wallpaper yang ada di restoran, tepat di area makan," jelas Shafee Samad, perwakilan dari Kepolisian Central Seberang Perai.

Bukan tanpa alasan mengapa polisi menyerbu restoran ini. Restoran ini terbilang berani, karena menghias dinding mereka dengan wallpaper berisi karikatur Mao Tse Tung.

Mao Tse Tung sendiri merupakan salah satu pemimpin komunis revolusioner. Selain itu beberapa dinding lain dihiasi dengan karikatur tentara yang memegang buku merah, lengkap dengan gerakan memberi hormat. Serta beberapa simbol komunis lainnya yang terlihat dalam wallpaper di dinding restoran.

Pakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu PolisiPakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu Polisi Foto: The Star MY

Tak hanya hiasan di dindingnya saja yang kontroversial. Polisi juga menyorot beberapa alat makan di sana yang tak kalah aneh. Seperti satu piring yang berhiaskan karikatur Presiden China, Xi Jinping dengan Tembok Besar China.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, pihak kepolisian mengamankan manajer restoran. Menurut Shafee, restoran ini ternyata dimiliki oleh pria berusia 41 tahun, yang memiliki istri berkewarganegaraan China.

Sayangnya sang pemilik restoran sedang tidak ada di tempat, karena ia tengah menjalani karantina COVID-19. Pihak polisi juga menemukan bahwa restoran ini memiliki cabang di Pulau Tikus, lengkap dengan tema komunis yang sama.

Pakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu PolisiPakai Dekorasi Tema Komunis, Restoran Ini Diserbu Polisi Foto: The Star MY

Sampai sekarang kasus ini masih diselidiki dan ditangani oleh pihak kepolisian.

Diketahui sebelumnya Malaysia punya sejarah konflik militer yang panjang untuk memerangi komunis. Pada tahun 1967, terjadi Pemberontakan Komunis yang dikenal dengan nama Kedaruratan Malaya Kedua. Konflik bersenjata ini berlangsung selama puluhan tahun.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Penang, Yuk Mampir ke 5 Kafe Instagramable Ini



Simak Video "Inilah Rahasia Bebek Bakar di Sini Punya Daging Empuk dan Juicy!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com