Wow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di Hawaii

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 18:00 WIB
Wow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di Hawaii Foto: oddity central
Jakarta -

Pulau Kauai yang ada di Kepulauan Hawaii menjadi rumah bagi ribuan ayam liar. Uniknya, ayam-ayam ini bisa hidup berdampingan dengan penduduk setempat.

Dilansir dari Oddity Central (5/1), sebuah pulau di Hawaii terkenal dengan penduduknya yang unik yakni ribuan ekor ayam liar. Dari pantai Lumbahai yang masih alami, hingga bandara, pompa bensin, bahkan tempat parkir perkotaan, ayam liar ada di mana-mana di Pulau Kauai.

Ayam-ayam ini berkeliaran dengan bebas dan bisa beradaptasi serta hidup berdampingan dengan warga setempat. Ayam-ayam ini tidak dirawat oleh peternak, mereka hidup dengan mencari makan dari sisa sampah makanan ataupun serangga.

Wow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di HawaiiWow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di Hawaii Foto: oddity central

Banyaknya ayam ini sempat menjadi perdebatan, warga merasa beruntung karena berkat ayam ini populasi serangga pengganggu semakin menurun. Di lain sisi, warga juga mengeluh karena ribuan ayam berkokok sepanjang hari selama 24 jam. Bukan hanya itu, ayam juga terkadang merusak taman dan menghancurkan halaman rumah warga.

Menurut warga sekitar, sejarah awal soal populasi ayam liar yang membludak ini berawal di tahun 1982 dan 1992 dimana dua badai besar melanda pulau ini. Badai Iwa dan badai Iniki menghancurkan ratusan kandang ayam milik peternak setempat.

Ribuan ayam kemudian berhamburan tak terkendali hingga akhirnya ayam-ayam ini berkembangbiak secara alami dan jumlahnya semakin melonjak. Namun sumber lain mengatakan kalau ayam liar di pulau Kauai ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Meskipun hidup secara liar, ayam-ayam ini dilindungi oleh pemerintah. Jadi meskipun berhamburan di tempat umum, tidak ada warga yang berani melukai ayam ini, apalagi menyembelihnya untuk jadi makanan. Inilah yang menjadi alasan, setiap tahunnya jumlah ayam liar semakin bertambah.

Selain dilindungi undang-undang, ayam liar di pulau Kauai ini juga punya rasa yang tak enak sehingga tak banyak orang tergoda memasaknya. Menurut warga, daging ayam ini cenderung keras dan kurang enak jika diolah jadi masakan.

Wow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di HawaiiWow! Ribuan Ayam Liar Hidup Bebas di Hawaii Foto: oddity central

Pepatah daerah mengatakan, "Jika kamu mau makan ayam ini, cobalah ambil dua panci berisi air. Satu panci untuk merebus batu, satu panci untuk merebus ayam liar. Jika batunya lunak maka ayam baru bisa dimakan." Ini menandakan kalau daging ayam sangat keras.

Ayam ini jadi ikon pulau Kauai yang menarik perhatian wisatawan. Berbagai souvenir bergambar ayam pun bisa mudah ditemui di pulau ini mulai dari magnet, lemari es, kaos dan cangkir kopi. Jadi kalau berlibur ke pulau Kauai jangan lupa berpose dengan ayam-ayam liar ini.



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Pecak yang Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com