7 Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kebiasaan Makan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 12:00 WIB
7 Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kebiasaan Makan Foto: Getty Images/svetikd
Jakarta -

Pandemi virus corona pada tahun 2020 mengubah sangat banyak aspek kehidupan. Beberapa perubahan juga terjadi pada kebiasaan memasak dan makan.

Pandemi covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia mulai bulan Maret 2020 memberikan dampak yang cukup signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Semua pola kehidupan berubah menjadi virtual dan semua aktivitas aktivitas di luar rumah sangat dibatasi.

Perubahan pola kehidupan akibat pandemi ini termasuk pada pemenuhan kebutuhan makan. Cara memasak, menyajikan serta berbagai inovasi makanan banyak bermunculan saat pandemi covid-19 tahun 2020.

Hal ini dibuktikan dari ungahan-unggahan di media sosial yang banyak sekali berkaitan dengan makanan. Beragam inovasi, tips and trik serta cara alternatif memasak yang lebih sederhana.

Berikut ini 7 perubahan tentang makanan yang diakibatkan oleh pandemi covid-19 menurut Today (1/1):

1. Kembali Ke Dapur Rumah

7 Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kebiasaan Makan7 Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kebiasaan Makan Foto: Getty Images/svetikd

Selama pandemi covid-19 semua pembatasan dilakukan besar-besaran, termasuk restoran dan berbagai penjualan makanan. Pembatasan terhadap penjualan makanan ini memaksa para konsumen untuk mencari jalan keluar dan alternatif untuk memenuhi kebutuhan makanan.

Asosiasi Industri Makanan Amerika bahkan dapat melaporkan peningkatan 41% orang-orang memasak makanannya sendiri. Bahkan, 35% orang dapat menemukan ketertarikan pada memasak selama pembatasan akibat pandemi covid-19 di tahun 2020.

2. Bersahabat dengan Makanan

Banyak waktu di rumah membuat orang sering merasa bosan. Biasanya, saat bosan akan timbul kelaparan secara emosional. Hal ini menyebabkan orang-orang akan lebih memilih mengonsumsi makanan dan merasa makanan dapat menenangkan mereka.

Pada saat pembatasan akibat pandemi covid-19, orang-orang dituntut kreatif untuk menghadirkan makanannya dan mencari cara mengolah makanan dengan bentuk yang lain agar tidak bosan. Beberapa diantara dapat dilihat tren yang muncul saat pandemi covid-19 seperti dalgona atau kopi kocok, tren sourdough dan banyak camilan lainnya.

Baca Juga: 8 Prediksi Tren Makanan Sehat Tahun 2021 Menurut Ahli Gizi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Benarkah Makan Burger Harus Dibalik Biar Nggak Berantakan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com