Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 12:00 WIB
Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri! Foto: Oddity Central
Jakarta -

Dumpling ini bukan berisi udang atau ayam, melainkan ikan alien yang tampilannya menyeramkan. Terlihat gigi-gigi ikan yang runcing. Kamu tertarik nyicip?

Bukan Jepang namanya kalau tak menghadirkan menu makanan unik. Salah satunya, ada dumpling yang tampilannya bikin ngeri. Bagaimana tidak? Dumpling ini berisi ikan alien.

Disebut ikan alien karena penampakan ikannya aneh, mirip makhluk dalam film Alien bernama H.R. Giger's Xenomorphs.

Bentuk ikan ini memanjang dengan matanya hampir buta. Tak hanya itu, kulit ikan tembus cahaya dan memiliki gigi-gigi kecil yang runcing.

Ikan alien adalah spesies ikan unggulan Jepang. Nama aslinya warasubo yang hanya bisa ditemukan di laut Ariake, wilayah Kyushu.

Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri!Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri! Foto: Oddity Central

Baca Juga: 5 Fakta Warasubo, Ikan Alien yang Menyeramkan dari Jepang

Biasanya ikan alien diolah dengan cara dipanggang atau dikeringkan. Selain itu, beberapa produk makanan juga menggunakan campuran ikan alien, seperti sup dan ramen. Konon ikan alien memberi sentuhan rasa gurih yang kuat.

Dikutip dari Oddity Central (31/12), ikan alien dijadikan isian dumpling. Nama menunya adalah Ariake Dumplings.

Kulit dumpling yang tipis mengapit isian ikan ariake utuh. Bagian kepala dan gigi ikan yang runcing sengaja diperlihatkan. Pembeli bisa memilih dumpling ikan alien goreng atau rebus.

Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri!Dumpling Ikan Alien, Kuliner Eksotis yang Tampilannya Bikin Ngeri! Foto: Oddity Central

Ariake Dumplings pertama kali muncul tahun 2017. Menu ini diperkenalkan pemerintah daerah Saga yang bekerja sama dengan restoran berbasis di Tokyo, Dumpling Kingdong.

Dumpling ikan alien ini langsung mendapat banyak perhatian usai pertama kali muncul. Menu ini disajikan dalam waktu terbatas di Dumpling Kingdom.

Tapi tak perlu khawatir untuk kamu yang mau mencicipinya, dumpling ikan alien juga bisa ditemui di restoran lain di Prefektur Saga. Hal ini lantaran ikan alien merupakan kekayaan kuliner wilayah sana.

Baca Juga: Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
e-Life
×
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang?
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang? Selengkapnya