Dua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan Petai

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 26 Des 2020 10:00 WIB
Dua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan Petai Foto: Juice Online
Jakarta -

Hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan tak membuat dua saudara berkebutuhan khusus ini putus asa. Mereka bertahan hidup hanya dengan makan petai setiap harinya.

Di masa yang serba sulit, dua saudara berkebutuhan khusus asal Malaysia menarik perhatian banyak orang. Rizal Afandi Yusof (48) dan Shararuddin (54), tinggal di Kampung Kabong, Negeri Sembilan, Malaysia.

Baca Juga: Wow! Netizen Heboh Temukan Petai Raksasa yang Bikin Ngakak

Dilansir dari Juice Online (25/12), kedua saudara ini hidup dalam kemiskinan dan kekurangan. Mereka tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan PetaiDua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan Petai Foto: Juice Online

Akhirnya mereka hanya mampu bertahan hidup dengan memakan petai setiap harinya. Mereka juga saling membantu satu sama lain untuk melakukan berbagai tugas.

Rizal dan Shararuddin tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Sehari-harinya mereka pergi untuk mengumpulkan petai, lalu petai ini mereka jual ke tengkulak pasar.

Sisa dari petai yang tak laku, biasanya akan dimasak Rizal dengan bumbu seadanya. Padahal petai sendiri bukan makanan utama yang baik untuk dikonsumsi secara terus menerus.

Namun kedua kakak beradik ini tak memiliki pilihan lain. Bahkan Rizal menyebutkan bahwa kini hidup mereka sangat bergantung pada petai. Petai sudah menjadi sumber keuangan mereka, sekaligus sumber makanan mereka.

Dua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan PetaiDua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan Petai Foto: Juice Online

Meski berkebutuhan khusus, mereka berdua tidak terdaftar dalam kartu OKU (Orang Kurang Upaya). OKU merupakan kartu yang dikeluarkan pemerintah untuk orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Karenanya Rizal dan sang kakak tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Untungnya ada beberapa tetangga yang baik hati membantu mereka. Sang kakak Hasnah Yusof (73), juga sering membantu adik-adiknya ini.

Hasnah menuturkan bahwa adik-adiknya tinggal di gubuk di kampung tersebut, sambil menunggu rumah gratis bantuan pemerintah.

Dua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan PetaiDua Saudara Berkebutuhan Khusus Ini Bertahan Hidup Makan Petai Foto: Juice Online

Beberapa organisasi turut memberikan bantuan kepada Rizal dan Shararuddin, agar mereka tidak harus bergantung dan makan petai lagi setiap harinya.

Tak hanya Rizal dan Shararuddin yang menggantungkan hidupnya pada petai. Sebelumnya seorang pria asal Malaysia bernama Selvakumar K. Tharmalingam memutuskan untuk berjualan petai.

Selvakumar menggunakan kostum Spider-Man yang unik untuk menarik perhatian para pengunjungnya.

Baca Juga: Keren! Spider-Man Ini Setiap Hari Jualan Petai di Pasar



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com